-->

Yudhitia Wahab Anggarkan Rp2 Miliar Pengadaan Oven untuk Produksi Kopra Putih

Yudhitia Wahab Anggarkan Rp2 Miliar Pengadaan Oven untuk Produksi Kopra Putih

TIDORE, LELEMUKU.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Maluku Utara (Malut) mendorong peningkatan produksi kopra putih dengan pemberian bantuan oven pengering kelapa dan bangsal kerja kepada kelompok tani. Sebanyak 10 oven pengering yang akan diserahkan ke 10 kelompok tani yang tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota, yakni Sofifi 1 unit, Halmahera Barat (Halbar) 2 unit, Halmahera Selatan (Halsel) 1 unit, dan Halmahera Utara (Halut) 6 unit.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindag Maluku Utara (Malut) Yudhitia Wahab di ruang kerjanya, Senin (9/3/2021).

Yudhitia Wahab mengungkapkan item kegiatan tersebut sudah diinput ke Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SiRUP, untuk ditenderkan. "Sudah kita input, anggarannya sebesar 2 miliar, semoga segera ditenderkan," ucap Yudhitia.

Yudithitia mengatakan bahwa kopra putih memiliki kualitas dan nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan kopra hitam pada umumnya. Untuk itu, melalui program bantuan ini, petani akan disosialisasikan agar memproduksi kopra putih.

Yudhitia menjelaskan, oven pengering yang rencana akan dibelanjakan ini mampu menghasilkan 1 ton kopra putih sekali produksi. Diestimasikan dalam 1 bulan produksi dilakukan sebanyak lima kali, maka akan menghasilkan 5 ton kopra putih. Jika dijumlahkan dengan 10 unit mesin, maka dalam satu bulan produksi kopra putih mencapai 150 ton atau 1.800 ton dalam 12 bulan.

"Permintaan untuk ekspor langsung itu sekitar 6.000 ton, sementara produksi kita masih jauh dibawah itu. Kita akan terus genjot produksi, sesuai arahan pak Gubernur KH Abdul Gani Kasuba," imbuhnya

Yudhitia menyatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, misalnya di Dinas Pertanian Malut, dengan program Gerakan Orientasi Ekspor Untuk Rakyat Sejahtera (Gosora).

Dengan begitu, lanjut Yudhitia, harapan Gubernur dengan melakukan ekspor langsung dari Maluku Utara ke Negara tujuan akan terwujud, "Ada sejumlah OPD juga memiliki petani binaan yang fokus mengembangkan kopra putih, jika ini kita kolaborasi maka bisa memenuhi permintaan ekspor,"tandasnya

Yudi sapaan Kadis Perindag ini berharap, masyarakat dapat memanfaatkan bantuan Pemerintah Daerah dengan baik sehingga mendapatkan hasil maksimal. (diskominfotidore)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel