-->

20 Tewas dan 100 Hilang Akibat Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Flores Timur


LARANTUKA, LELEMUKU.COM - Bencana banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Desa Nele Lamadike, Kecamatan Ile Boleng, Desa Oyang Barang, Kecamatan Wotan Ulumado dan Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4/2021) dini hari.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 20 warga meninggal dunia dam 9 orang terluka dalam bencana banjir bandang yang menerjang dua desa tersebut.

Sedikitnya, ada 100 orang yang dilaporkan hilang dan 40 rumah yang tertimbun longsor dengan 49 kepala keluarga terdampak bencana akibat bibit badai siklon tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur Alfonsus H Betan mengatakan saat ini petugas BPBD di lapangan masih melakukan pendataan.

"Petugas BPBD bersama TNI dan Polri sedang mencari korban yang hilang akibat tertimbun longsor," papar dia.

Saat ini, kata dia, Bupati Flotim, Antonius Hubertus Gege Hadjon bersama dengan sejumlah pihak sedang berada di lokasi untuk meninjau sejumlah lokasi bencana di daerah itu.

Sejumlah akses jalan menuju ke lokasi juga terputus sehingga proses evakuasi cukup terhambat, jaringan telpon dan internet juga putus sehingga koordinasi dari lokasi bencana juga terhambat.

Menurut Kepala Desa Nele Lamadike, Pius Pedang Melai puluhan warga yang belum ditemukan dicari dengan alat tradisional dan secara manual, tanpa menggunakan alat berat, selain karena hujan masih terus mengguyur wilayah itu.

Pemerintah, kata dia telah mengirim alat berat ke lokasi kejadian untuk membantu proses pencarian korban.

Informasi yang dihimpun, di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur dilaporkan dua orang warga yang hilang dan belum ditemukan. Rumah warga sekitar hanyut terbawa banjir hingga jembatan putus.

Sementara empat warga yang mengalami luka-luka tengah menjalani perawat intensif di puskesmas setempat.

Tiga warga yang juga dilaporkan hilang berada di Desa Oyang Barang, Kecamatan Wotan Ulumado. (Gilang)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel