-->

4 Kriteria Kelulusan 2.437 Siswa Kelas VI SD di Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Seksi (Kasie) Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Thomas Watumlawar mengatakan ada sebanyak 2.437 siswa kelas VI di 122 sekolah siap mengikuti ujian akhir secara Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Daringan (Luring) pada Senin, 3 Mei hingga Jumat, 7 Mei 2021.  

“Ada 9 muatan pelajaran yang diuji. Pelaksanaannya secara daring dan luring sesuai kesiapan sekolah,” kata dia kepada Lelemuku.com pada Kamis, 29 April 2021.

Watumlawar mengungkapkan ada empat kriteria penilaian yang digunakan pihak sekolah untuk merampungkan nilai kelulusan bagi para siswa, diantaranya nilai rata-rata laporan pendidikan sejak semester 7 hingga 11 pada kelas 4 semester ganjil hingga kelas 6 semester ganjil.

Nilai tugas rata-rata selama pandemi Virus Corona (COVID-19), nilai Ujian Sekolah (US) melalui ujian praktek dan teori serta penilaian karakter siswa.
 
Ia berharap pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan lancar dan didukung penuh oleh para orangtua dan wali siswa dengan menyiapkan makan atau snack bagi para anak, Karena pihak sekolah tidak membuka kantin dan mengijinkan siswa untuk jajan di luar sekolah. Hal ini guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Kelimpahan kegiatan kami berikan ke satuan pendidikan untuk pelaksanaannya, harus kerjasama dengan orangtua dan harus taat protocol kesehatan,” harap Watumlawar.

Direncanakan pembukaan sampul ujian akan dilakukan oleh Bupati Petrus Fatlolon di SD Negeri 1 Saumlaki, Wakil Bupati (Wabup) Agustinus Utuwaly di SD Inpres Saumlaki, Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Ruben Morioulkosu di SD Inpres Sifnana, Asisten I Cornelis Belay di Donbosco 2, Asisten II Theo Sabono di SD Kristen Saumlaki dan Asisten III Bambang Eko di SD Donbonsco 3.

Pelaksanaan ujian akhir siswa SD mengacuh pada Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona (COVID-19) tertanggal 1 Februari 2021. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel