-->

Astuty Dwiwahyuni Syukuri Peresmian Bangunan Praktek Otomotif SMK Negeri 6 Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6  Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Astuty Dwiwahyuni mensyukuri peresmian Ruang Praktek Siswa (RPS) Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) pada Sabtu, 24 April 2021.

Ia mengatakan bangunan megah yang dibangun dalam 120 hari sejak 16 September 2020 hingga 16 Januari 2021 itu merupakan bantuan Direktorat SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui program pengembangan pendidikan, khususnya pengembangan SMK menjadi pusat keunggulan atau Center of Excellence (CoE) dengan seleksi yang ketat.

“CoE akan terus dievaluasi pemanfaatannya hingga tahun 2024. Kami semua bersyukur, sekolah yang sebelum perubahan numenklatur disebut SMK Negeri 1 Tansel lolos dalam program tersebut,” kata Astuty.

Ia berharap bangunan RPS TKRO itu dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa melalui pengembangan unit dan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA), yaitu penerapan sistem industri mitra pada unit produksi.

Selain itu, mampu pula untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami penggunaan model pembelajaran CoE mulai dari program keahlian TKRO dan diimplementasikan ke program lain serta berimbang ke sekolah lain yang memiliki program keahlian yang sama.  


“Dengan adannya bangunan ini, marilah kita saling melengkapi dalam memajukan dunia pendidikan di Bumi Duan Lolat,” harap Astuty.

Ketua Tim Pembangunan CoE, Baltasar Buarlely mengungkapkan dana yang disiapkan untuk pembangunan RPS adalah Rp.5 Miliar, dengan rincian Rp.1,8 Miliar untuk pembangunan fisik, Rp.3 miliar untuk belanja peralatan dan penyesuaian kurikulum SMK dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), serta Rp.200 Juta untuk pelatihan, kunjungan insutri dan pelatihan bagi para guru otomotif.

Ia mengatakan ruangan tersebut dilengkapi dengan seluruh peralatan baru yang sudah dipasang, dicek dan dioperasikan terlebih dahulu oleh teknisi dari Jakarta, seperti audio sistem, AC, instalasi kelistrikan untuk lampu, dua mobil, pengisian AC, karlik hidrolik dan alat spooring and balancing untuk meluruskan kembali kedudukan posisi empat roda mobil dan upaya menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda.

“Ruangan dan peralatan disini akan langsung digunakan siswa jurusan otomotif untuk praktek ujian kompetensi keahlian pada Senin, 26 April ini,” ungkap Buarlely.

Bangunan tersebut diresmikan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tanimbar Selatan (Tansel), Frets Watutamata. Ia memberi apresiasi kepada seluruh dewan guru yang telah melakukan terobosan di saat mewabahnya pandemi Virus Corona (COVID-19).


Menurutnya upaya pengembangan di bidang pendidikan itu sangat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam peningkatan pemberdayaan manusia.

“Dari luar gedung ini sangat megah, semoga dapat menghasilkan lulusan SMK yang berkualitas pula dan memenuhi standar kompetensi. Kita patut berikan dukungan dan semangat,” ucap Watutamata.

Dalam Doa dan Pemberkatan yang dipimpin oleh Wakil Uskup Wilayah Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD), Pastor Simon Petrus Matruty pun memberikan pujian yang besar. Ia mengatakan pembangunan itu berjalan lancar Karena besar kasih Tuhan akan Tanimbar.

“Kita percaya Tuhan telah hadir sebagai penggerak semangat yang sudah mengisi gedung ini dengan spirit cinta kasih dalam pendidikan, agar semua orang punya peningkatan skill dalam hidupnya,” tutup Matruty.

Acara pun berlanjut dengan penandatanganan berita acara. Kemudiakn pengguntingan pita pada RPS TKRO dan penyerahan kunci oleh Astuty Dwiwahyuni. Diikuti dengan peninjauan ruangan dan peralatan. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel