-->

Benyamin Noach Resmikan Perwakilan Kantor Pertanahan di Maluku Barat Daya

Benyamin Noach Resmikan Perwakilan Kantor Pertanahan di Maluku Barat Daya.lelemuku.com.jpg

TIAKUR, LELEMUKU.COM - Menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan urusan pertanahan di Kabupaten Maluku Barat Daya, Jumat (19/3/2021), bertempat di Perumahan Pemda Blok D,  Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T, meresmikan Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Maluku Barat Daya, didampingi Kepala Badan Pertanahan Nasional Propinsi Maluku, Toto Sutantono, SH dan Kepala Kantor Pertanahan Kepulauan Tanimbar, Lukas Souhuwat, A.Ptnh.

Turut hadir dalam peresmian ini, Ketua DPRD Kab. MBD, Kapolres Kab. MBD, Kajari Kab. MBD, Dandim 1511/Pulau Moa, Sekretaris Daerah Kab. MBD, Para Asisten, Pimpinan OPD lingkup Kab. MBD,  Camat Pulau Moa, Pimpinan dan Staf Kantor Pertanahan Kepulauan Tanimbar, Kepala Desa Wakarleli dan Kepala Desa Klis, serta undangan lainnya.

Rangkaian sambutan yang diawali oleh Kepala Kantor Pertanahan Kepulauan Tanimbar, Lukas Souhuwat, A.Ptnh yang mengatakan bahwa perwakilan kantor pertanahan Kab. MBD ini menjawab rentang kendali proses pelayanan yang selama ini di dilakukan di Kepulauan Tanimbar.

Beliau juga menyampaikan proses awal permohonan perwakilan kantor pertanahan untuk wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya yang dimulai dari tahun 2018 dan baru dapat direalisasikan pada tahun ini karena  telah memenuhi persyaratan yang diajukan pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang, salah satunya adalah tersedianya jaringan internet karena pelayanan pada BPN menggunakan sistem online.

Souhuwat juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kab. MBD yang telah berkerja sama hingga terbentuknya perwakilan kantor pertanahan di kabupaten ini dengan sarana prasarana yang telah disiapkan yakni sebidang tanah hibah Pemda Kab. MBD ukuran 40 x 40 m2 dan 1 unit bangunan dengan sistem pinjam pakai yang digunakan untuk melayani masyarakat.

Toto Sutantono, SH, Kepala Badan Pertanahan Nasional Provinsi Maluku dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kab. MBD karena telah mendukung terbentuknya perwakilan kantor pertanahan Kab. MBD. Sesuai laporan Kepala Kantor Pertanahan Kepulauan Tanimbar bahwa dari 36.000 bidang tanah di Kab. MBD, telah diterbit sertifikat sebanyak 18.754 dan yang belum bersertifikat sebanyak 17.246 bidang tanah yang masih harus diproses lebih lanjut.

Untuk tahun 2021, wilayah Kab. MBD ditargetkan memperoleh 4000 sertifikat yang terdiri dari 1000 bidang tanah dari progran PTSL dan 3000  bidang tanah dari program retribusi tanah. Untuk itu Sutanto sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah agar program retbribusi tanah pada tahun ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Dalam sambutannya Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T,  menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang, Kepala BPN Provinsi Maluku dan Kepala Kantor Pertanahan Kab. Kepulauan Tanimbar karena telah membantu dan mewujudkan impian masyarakat Maluku Barat Daya  akan pelayanan pertanahan dengan harapan kedepan bahwa pelayanan persertifikatan tanah akan berjalan dengan efien dan efektif.

Untuk sementara ini Pemerintah Daerah hanya dapat membantu memberikan 1 unit rumah yang dijadikan tempat untuk melayani masyarakat, semoga dengan kesederhanaan ini pelayanan pertanahan tidak akan berkurang.  Pemerintah Daerah juga masih memiliki banyak tanah yang belum bersertifikat, semoga dengan hadirnya Perwakilan Kantor Pertanahan Kab. MBD dapat bersama-sama menyelesaikan sehingga tanah-tanah tersebut dapat  bersertifikat, ucap Bupati.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peresmian Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Maluku Barat Daya oleh Bupati MBD  yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penyerahan secara simbolis Sertifikat Tanah dari Kepala BPN Provinsi Maluku kepada Pemerintah Kab. MBD dan kepada perwakilan masyarakat. Kalwedo.. (diskominfombd)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel