-->

Helikopter Sempat Tertembak saat Proses Evakuasi 3 Korban Kontak Senjata di Ilaga


JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Proses evakuasi tiga anggota Kepolisan Republik Indonesia (Polri) korban kontak senjata dengan anggota Separatis di Ilaga, sempat terkendala karena Helikopter Milik TNI AD tertembak saat mengudara ketika mengevakuasi ketiga korban pada Selasa (27/4/2021).

Hal ini dibenarkan oleh Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri bahwa helikopter milik TNI-AD tertembak saat hendak mengevakuasi korban, helikopter sempat ditembaki kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan terkena di bagian bawahnya namun tidak berpengaruh fatal sehingga tetap membantu evakuasi korban yang gugur dan terluka. 

Kronologis evakuasi di sekitar Markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak telah terjadi Kontak tembak, antara Tim Satgas Ops Nemangkawi gabungan Satgas Belukar, Satgas Nanggala dan Satgas Gakkum, dengan kelompok separatis pimpinan Lekagak Telenggen.

Di Kampung Tinggilobak Distrik Gome, Heli Caracal TNI AU HT/7202 dengan air cover Heli Bell Penerbad HA 5155 melaksanakan proses evakuasi dengan terlebih dahulu melaksanakan penyiraman. Namun pada saat akan mendarat Heli Bell HA 5155 mendapat tembakan dengan 2 lubang pada bagian elevator sebelah kiri dan tailboom mengenai road shaft elevator, sehingga kedua Heli kembali ke Ilaga dan dilanjutkan mendarat ke Timika.

Heli Polri Bell – 412/ P-3003 Pilot Capt. Kompol M Nur, take-off dari Bandara Ilaga menuju Batalyon B Brimobda Papua membawa 3 Personil yang dievakuasi. Selanjutnya ketiga Personil Satgas Nemangkawi yang dievakuasi, dibawa ke RSUD Mimika. Ketiga Personil Satgas Nemangkawi yang dievakuasi tiba di RSUD Kab. Mimika, selanjutnya dilakukan penanganan dokter bagi korban luka dan pemulangan pada Personil yang gugur dalam tugas

Adapun Personil Satgas Nemangkawi Polri yang dievakuasi antara lain Personil Belukar, Satgas Nemangkawi V Polri Bharada I Komang dalam kondisi gugur akibat luka tembak pada bagian paha, terkena arteri sehingga mengalami pendarahan,  Personil Belukar, Satgas Nemangkawi V Polri Ipda Anton Tonapa dalam kondisi sadar mengalami luka tembak pada bagian bahu dan Personil Gakkum, Satgas Nemangkawi V Polri Bripka Moh. Syaifudin  dalam kondisi sadar mengalami luka tembak pada bagian bahu. (Noci)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel