-->

Polri dan TNI Amankan Ibadah Paskah di Maluku Tengah


MASOHI, LELEMUKU.COM - Pasca bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, dan penyerangan di Mabes Polri, beberapa waktu lalu yang dilakukan oleh para terduga teroris membuat, aparat keamanan memperketat pengamanan di seluruh gereja termasuk di Kabupaten Maluku Tengah, saat perayaan ibadah Paskah Kristus.

Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi mengungkapkan, pengamanan itu dilaksanakan guna mengantisipasi dan mencegah seluruh bentuk aksi teror dirumah-rumah ibadah, khususnya gereja yang ada di kabupaten  Maluku Tengah.

"Seluruh personil kita turunkan, baik di Polres maupun Polsek jajaran, yang dibantu oleh rekan-rekan kita dari TNI, untuk pengamanan rumah ibadah, terutama gereja-gereja yang ada, sebab hari ini merupakan perayaan ibadah Paskah, yang dilaksanakan oleh umat Kristiani, khususnya diwilayah hukum Polres Malteng" jelas Kapolres, kepada wartawan disela-sela peninjaun disejumlah gereja yang ada di Kota Masohi, Minggu (4/4/2021) pagi.

Menurut Kapolres, penjagaan itu selain dilakukan oleh personil kepolisian dan TNI, juga melibatkan masyarakat serta OKP.
"Setiap warga atau jemaat yang masuk melaksanakan ibadah diperiksa oleh petugas. Termasuk barang bawaan jemaat seperti tas juga di periksa secara ketat. Kita juga gunakan alat metadetektor, "kata Umasugi.

Umasugi menambahkan, selain pemeriksaan sebelum pelaksanaan ibadah personil dari Satuan Gegana Brimob Polda Maluku, juga mensterilkan seluruh gereja.

" Disterilisasi beberapa saat sebelum pelaksanaan ibadah Paskah hari ini dilaksanakan. Sterilisasi ini juga dilakukan pada Ibadah Jumat Agung kemarin itu juga, "terang orang nomor satu di Mapolres Malteng ini.

Selain pelaksanaan pengamanan lanjut Kapolres, personil gabungan TNI-Polri yang ada di Masohi maupun Polsek jajaran juga melaksanakan patroli secara intensif, dalam rangka menjaga dan menciptakan situasi dan kondisi keamanan yang lebih kondusif diwilayah hukum Polres Malteng.

"Patroli ini dilakukan secara intensif sejak pelaksanaan ibadah Kamis Putih, Jumat Agung, hingga Ibadah Paskah hari ini. Patroli dilaksanakan baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dalam patroli ini juga selain untuk cipta kondisi, kita menghimbau masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan dengan cara 4M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jara, dan menghindari kerumunan,"beber perwira menengah Polri ini.
 
Wanita dengan dua melati dipundaknya itu mengimbau, seluruh warga untuk tidak perlu takut dengan aksi teror yang terjadi disejumlah daerah belakangan ini.

" Tidak usah takut, dan terprovokasi dengan beragam infomasi yang ada. Percayakan semuanya sama aparat keamanan. Pelaksanaan Ibadah Paskah diwilayah hukum Polres Malteng berjalan aman dan lancar,"pungkas mantan Wakapolres Tual. (HumasPoldaMaluku)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel