-->

Tri Risma Ungkap Website Cek Penerima Bansos Negara Melalui cekbansos.kemensos.go.id

Tri Risma Ungkap Website Cek Penerima Bansos Negara Melalui cekbansos.kemensos.go.id.lelemuku.com.jpg
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai atau biasa disebut dengan BST pada bulan April 2021 ini.

Bansos tunai atau BST ini diberikan kepada 10 juta keluarga se-Indonesia yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui website Kemensos yang baru.

"DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS," kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dikutip dari laman resmi Kemensos.

Cara cek penerima bansos tunai Rp 300 ribu dan bantuan lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kata dia, tidak lagi di halaman online https://ift.tt/3jVJUVf, melainkan di https://ift.tt/3dTsBEB .

Pengecekan nama penerima bansos lewat laman tersebut, bertujuan untuk memenuhi hak Informasi Publik dan meningkatkan transparasi penyaluran bantuan sosial.

"Fitur dan kemampuan aplikasi cekbansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan dan masukan serta harapan masyarakat," ujar Tri.

Selain cara cek bansos 2021 lewat Kartu Tanda Penduduk (KTP) di link cekbansos atau via aplikasi SIKS-Dataku, Kemensos nantinya akan terus mengembangkan fitur berikutnya mencakup pula usulan baru dan sanggahan atas kepantasan penerima bantuan sosial.

Usulan baru tersebut, akan melalui proses verifikasi dan validasi pemerintah daerah, guna tetap mendapat menjaga integritas data.

Apabila terdapat sanggahan, Kementerian Sosial dapat mengundang perguruan tinggi untuk melakukan proses pengendalian mutu.

"Masukan perguruan tinggi akan menjadi pertimbangan Kementerian Sosial, dalam memutuskan kepantasan kepesertaan dalam program bantuan sosial," kata Mensos.

Informasi terkait bantuan sosial yang diselenggarakan Kementerian Sosial, seperti PKH, BPNT dan BST, dapat diberikan melalui situs resmi Kementerian Sosial yang menggunakan domain atau alamat kemensos.go.id.

Lihat cara mengecek bansos Tunai Rp 300 ribu dengan login link cekbansos.kemensos.go.id atau via aplikasi SIKS-Dataku di dalam artikel.

1. Kunjungi website https://ift.tt/3dTsBEB
2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
3. Ketik nama Anda sesuai KTP
4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode captcha
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru Lalu klik tombol cari.


Cara Mencairkan Bansos Tunai Rp 300 Ribu

Selain cara cek bansos 2021 lewat KTP di link cekbansos.kemensos.go.id atau via aplikasi SIKS-Dataku, simak informasi menarik lainnya.

Bagi masyarakat yang sudah dipastikan menerima bansos tunai Rp 300 ribu, segera cairkan dana BST Anda lewat kantor pos.

Sebelum ke kantor pos, pastikan Anda telah membawa surat undangan dari ketua RT tempat Anda tinggal.

Tak lupa, bawa juga KTP atau Kartu Keluarga (KK) guna mencocokan data.

Setelah tiba di kantor pos, tunjukkan surat undangan yang berisikan barcode kepada petugas.

Tunjukkan pula KTP atau KK Anda kepada petugas kantor pos.

Nantinya, petugas akan men-scan barcode pada surat undangan yang Anda bawa.

Setelah itu, masyarakat akan langsung mendapatkan dana bansos tunai Rp 300 ribu.

Tidak ada potongan apapun saat mencairkan dana bansos Rp 300 ribu di kantor pos.

Perlu diketahui, kantor pos memiliki jadwal tersendiri untuk pencairan dana bansos tunai Rp 300 ribu.

Selalu pakai masker saat mencairkan dana bansos tunai Rp 300 ribu di kantor pos.

Itulah tadi informasi seputar cara cek bansos 2021 lewat KTP di link cekbansos.kemensos.go.id atau via aplikasi SIKS-Dataku, simak informasi menarik lainnya. (Jidon)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel