-->

Arab Saudi Jadi Negara Arab dengan Indeks Kebahagiaan Tertinggi Dunia

Arab Saudi Jadi Negara Arab dengan Indeks Kebahagiaan Tertinggi Dunia.lelemuku.com.jpg

RIYADH, LELEMUKU.COM - Arab Saudi menjadi negara Arab paling bahagia dunia menurut indeks World Happiness Report 2021, yang diterbitkan oleh UN Sustainable Development Solutions Network pada Maret.

Dalam setahun terakhir, laporan tahunan tersebut berupaya mengukur efek Covid-19 pada kualitas hidup global dan peringkat 95 negara dalam indeks kebahagiaannya.

Dikompilasi oleh tim ahli independen, laporan tersebut memasukkan data dari ICL-YouGov Behavior Tracker sebagai bagian dari hub data Covid-19 dari Institute of Global Health Innovation.

"Ini jelas merupakan tahun teraneh dalam hidup kita bagi kebanyakan dari kita dan dalam memproduksi World Happiness Report, karena kita telah mencoba, dalam waktu nyata, untuk memahami dan memantau serangkaian tantangan dan perubahan yang sangat kompleks yang dihadapi orang-orang di seluruh dunia," kata Jeffrey Sachs, salah satu rekan penulis laporan tersebut, dikutip dari Arab News, 6 Mei 2021.

Laporan 2021 mengevaluasi tanggapan pemerintah terhadap korban pandemi pada kesehatan, ekonomi, dan psikologi, mengidentifikasi hubungan antara kepercayaan pada lembaga negara, bagaimana COVID-19 ditangani, dan kebahagiaan masyarakat.

Beberapa bagian dari laporan tersebut mengukur dampak pandemi pada lingkungan kerja, kualitas hubungan sosial, kesehatan mental individu, kepercayaan pada prosedur pemerintah, dan kemampuan negara untuk mengatasi dampak dari wabah virus. Bagian lain meneliti tingkat pengangguran, ketidaksetaraan, dan prevalensi kesepian.

Selama empat tahun berturut-turut, Finlandia menduduki puncak indeks kebahagiaan, diikuti Islandia, Denmark, Swiss, dan Belanda. Lima tempat terbawah ditempati oleh Kamboja, India, Yordania, Tanzania, dan Zimbabwe.

Arab Saudi menempati peringkat pertama di antara negara-negara Arab dan 21 secara global, Arab News melaporkan. UEA berada di peringkat 27, diikuti oleh Bahrain (35), Maroko (80), Irak (81), Tunisia (82), dan Mesir (87).

Kepercayaan terbukti menjadi faktor kunci yang menghubungkan Covid-19 dan kebahagiaan yang dilaporkan. Dari semua enam faktor yang mendukung kebahagiaan, kepercayaan dipandang memainkan peran terkuat dalam membantu negara-negara menemukan dan menerapkan strategi Covid-19 yang berhasil.

Laporan tersebut menemukan bahwa kepercayaan bahkan lebih penting ketika Covid-19 mengharuskan seluruh struktur kehidupan pribadi dan publik difokuskan kembali untuk memerangi pandemi.

"Masyarakat dengan kepercayaan yang lebih tinggi pada institusi publik dan kesetaraan pendapatan yang lebih besar terbukti lebih berhasil dalam memerangi Covid-19, yang diukur dengan tingkat kematian Covid-19 pada tahun 2020," kata penelitian tersebut.

John Clifton, mitra pengelola global di Gallup, yang mendukung data laporan tersebut, mengatakan penelitian tentang kebahagiaan telah menunjukkan efek kesepian yang sangat merugikan.

"Covid-19 hanya memperburuk kesepian. Saat ini, lebih dari 300 juta orang di dunia mengalami kesepian semacam itu di mana mereka tidak menghabiskan satu jam pun dalam seminggu dengan seorang teman atau anggota keluarga, yang semakin memperlebar jurang. Di sinilah kita bisa mulai membuat kehidupan orang-orang ini lebih baik," katanya.

Di antara negara-negara Arab, data kepuasan hidup menunjukkan peningkatan, terutama di Arab Saudi yang skornya terus meningkat sejak tahun 2017.

"Kepuasan hidup sangat berkorelasi dengan PDB, menyediakan perumahan, pendidikan, perawatan kesehatan, akses ke pekerjaan, jalan, listrik, dan kebutuhan dasar masyarakat," kata Dr. Louise Lambert, editor Middle East Journal of Positive Psychology.

Tapi selain kekayaan, Lambert menyoroti beberapa perubahan luar biasa yang terjadi di Arab Saudi, yang tidak diragukan lagi telah membangkitkan rasa optimisme di antara penduduk.

Dia mencatat bahwa hal itu terutama terjadi pada perempuan, yang sekarang dapat mengemudi, memasuki dunia kerja, dan menghasilkan pendapatan dan punya pilihan sendiri, berkat perubahan pada undang-undang perwalian.

Indikator positif lainnya untuk Kerajaan Arab Saudi termasuk pertumbuhan PDB, dukungan sosial, harapan hidup rata-rata, kebebasan untuk membuat keputusan hidup, dan kemurahan hati.

Arab Saudi telah mencatat penurunan statistik yang signifikan dalam skornya untuk perasaan negatif, termasuk stres, kekhawatiran, dan kesedihan. (TMP)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel