-->

Inilah Syarat Pengajuan Plafon KUR Rp 100 Juta Tanpa Jaminan di BRI

Inilah Syarat Pengajuan Plafon KUR Rp 100 Juta Tanpa Jaminan di BRI.lelemuku.com.jpg

JAKARTA,LELEMUKU.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI merupakan salah satu penyalur kredit usaha rakyat (KUR) terbesar di Tanah Air. Seiring dengan keputusan pemerintah menaikkan plafon KUR tanpa jaminan menjadi Rp 100 juta dan perpanjangan tambahan subsidi bunga menjadi 3 persen, simak sejumlah syarat pengajuan tiga jenis KUR yang bisa diajukan di BRI berikut ini.

1. KUR Mikro
BRI menawarkan KUR Mikro berupa kredit modal kerja dan atau investasi dengan plafon sampai dengan Rp 50 juta per debitur dengan maksimum masa pinjaman 5 tahun. Adapun suku bunga yang berlaku sebesar 6 persen efektif per tahun, serta bebas biaya administrasi dan provisi.

Persyaratan calon debitur:
- Individu atau perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak
- Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
- Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
- Persyaratan administrasi, identitas berupa KTP, Kartu Keluarga, dan surat ijin usaha

2. KUR Kecil
BRI juga menawarkan KUR Kecil dengan plafon pinjaman Rp 50 juta sampai dengan Rp 500 juta per debitur. Jenis KUR tersebut berupa kredit modal kerja dengan maksimum masa pinjaman 4 tahun dan kredit investasi dengan maksimum masa pinjaman 5 tahun.

Suku bunga dipatok 6 persen efektif per tahun, bebas biaya administrasi dan provisi, serta agunan sesuai dengan peraturan bank.

Persyaratan calon debitur:
- Mempunyai usaha produktif dan layak
- Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
- Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
- Memiliki surat ijin usaha mikro dan kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan

3. KUR TKI
BRI menyediakan KUR TKI yang diberikan untuk membiayai keberangkatan calon Tenaga kerja Indonesia (TKI) ke negara penempatan dengan plafon sampai dengan Rp 25 juta dan maksimum masa pinjaman tiga tahun.

Persyaratan calon debitur:
- Individu atau perorangan calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan
- Persyaratan administrasi berupa identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, serta paspor, visa, dan persyaratan lainnya sesuai ketentuan

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menaikkan plafon KUR tanpa jaminan menjadi Rp 100 juta dan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR menjadi 3 persen hingga Desember 2021. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Senin lalu, 3 Mei 2021.

Rapat itu menindaklanjuti arahan Presiden pada rapat sidang terbatas mengenai peningkatan porsi perbankan untuk Usaha Mikro dan Kecil pada 5 April 2021 lalu. Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menambah plafon KUR 2021 dari Rp 253 triliun menjadi Rp 285 triliun.

Dengan plafon KUR yang bertambah, kuota KUR lembaga penyalur juga meningkat. Salah satunya, BRI. Bank pelat merah yang fokus pada segmen UMKM ini mendapat kuota KUR Rp 170 triliun pada 2021, atau naik ketimbang tahun lalu yang sebesar Rp 140 triliun.

Hingga akhir Desember tahun 2020 lalu, BRI sudah menyalurkan KUR mikro dan super mikro sebesar Rp 125,62 triliun. (Tempo)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel