-->

Bawaslu dan STKIP Saumlaki Kerjasama Tingkatkan Kualitas Pemilu di Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku dan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Saumlaki (STKIPS) Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Ketua Bawaslu Tanimbar, Mathias Alubwaman, SH dan Ketua STKIPS Olivier Srue, S.Th., M.Pd di Saumlaki pada Selasa, 15 Juni 2021 dengan tujuan melaksanakan fungsi pengawasan, pencegahan dan penindakan.

Pemanfaatan dalam rangka pengembangan civitas akademika yang ada kaitannya dengan pelaksanaan tugas dan kewenangan dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemiliu) serta mewujudkan kerjasama dan sinergitas bersama dalam memantapkan penyelenggaraan pemilu.

“Ini bertujuan untuk membangun sinergi bersama guna melakukan Peningkatan Sumber Daya Manusia dan melakukan edukasi kepada masyarakat dalam penyelenggaraan demokrasi di Tanimbar,” ungkap Srue kepada Lelemuku.com.

Ketua Bawaslu Alubwaman mengatakan kerjasama dalam pengembangan SDM dimana mahasiswa STKIPS jika membutuhkan informasi atau data berkaitan dengan tugas-tugas penilitian, maka Bawaslu Tanimbar dapat menyiapkan data tersebut dan sebaliknya serta melibatkan baik dosen dan mahasiswa dalam kegiatan sosialisasi dan pengawasan pemilu partisipatif.

“Semoga kerjasama pengembangan SDM dan pengawasan partisipatif  tersebut dapat terjalin dengan baik,” harapnya.

Kerjasama yang akan dilakukan adalah menyediakan Kedai Pojok Pengawasan yang akan digunakan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pengawasan dan penindakan pelarangan dalam penyelenggarakan pemilu.

Bawaslu Tanimbar akan menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik STKIPS, sosialisasi pengawasan dan penindakan pelarangan dalam bentuk daring dan luring, menyelenggarakan seminar, workshop dan pelatihan, STKIPS akan lakukan penelitian dan pengembangan civitas akademika.

Bawaslu Tanimbar pun menyediakan sertifikat kepada pengawas partisipatif, mahasiswa KKN Tematik, mahasiswa praktek kerja dan magang peserta seminar, workshor dan pelatihan, mengikutsertakan STKIPS sebagai pengawas partisipatif dalam pemilu. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel