-->

Richard Louhenapessy Serahkan 60 Hewan Kurban Perayaan Idul Adha 1422 H

Richard Louhenapessy Serahkan 60 Hewan Kurban Perayaan Idul Adha 1422 H.lelemuku.com.jpg

AMBON, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku menyerahkan hewan kurban berupa 30 ekor Sapi dan 30 ekor Kambing dalam perayaan Idul Adha 1422 Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, dalam apel pagi Tim Satgas Covid 19 Kota Ambon, Sabtu (17/7/2021) pagi di Balai Kota.

Walikota dalam sambutannya menyatakan penyerahan hewan kurban menjadi partisipasi rutin Pemkot Ambon bagi umat Muslim di Kota Ambon yang merayakan Hari Raya Kurban atau Idul Adha.

“Pemerintah turut berpartisipasi bersama umat muslim, dengan menyerahan hewan kurban baik itu Sapi maupun Kambing sebagai bagian seluruh proses perayaan Idul Adha” ujarnya.

Dijelaskan, hakekat dasar pemaknaan kurban adalah pengendalian sikap subyektif atau ego dihadapan Allah SWT.

“Ketika Allah SWT meminta Nabi Ibrahim untuk menyerahkan putranya, Nabi melakukannya tanpa kompromi, ini peristiwa spiritual yang dmaknai oleh kita hingga hari ini dalam merayakan Idul Adha,” terangnya.

Terkait dengan pembagian hewan kurban kepada masyarakat, menurut Walikota, permintaan setiap tahun selalu bertambah, namun kemampuan Pemkot dari segi anggaran terbatas, sehingga akan diatur secara bijak.

“Saya minta agar pembagian diatur secara arif dan penuh hikmat, untuk kelompok masyarakat mana yang patut kita berikan, terutama dalam situasi pandemi yang sementara kita hadapi,” katanya.

Dirinya menjelaskan pembagian hewan kurban nantinya harus memperhatikan protokol kesehatan, dimana masyarakat penerima menunggu panitia membagikan kerumah masing – masing.

“Saya mohon nanti kelompok penerima memperhatikan protokol kesehatan, jangan berkerumun, tunggu saja dirumah sementara panitia membagikan langsung. ini dilakukan untuk mencegah terjadi penularan covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Sekretariat Kota Ambon, Fenly Masawoy selaku pelaksana kegiatan, dalam laporannya menjelaskan penyerahan hewan kurban adalah kegiatan rutin Pemkot yang ditujukan bagi kaum dhuafa, anak terlantar dan yatim piatu, dan masyarakat yang terbatas ekonominya namun membutuhkan daging untuk konsumsi.

Dikatakan proses pembagian hewan kurban, dilakukan dalam pengawasan ketat Pemkot Ambon melalui Satgas Covid 19, serta Dinas terkait lainnya. (diskominfosandiambon)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel