-->

Desa Bomaki di Tanimbar Alami Perubahan Semakin Baik


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Desa Bomaki di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku telah alami perubahan semakin baik setiap tahunnya.

“Secara umum sudah bagus kalau dibandingkan sebelumnya,” nilai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanimbar, Joice Fatlolon pada Selasa, 7 September 2021.


Ia berharap Desa Bomaki semakin baik lagi ke depan dengan menjadikan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.  

Dalam kunjungan Joice di desa itu, ia pun menyoroti beberapa hal, seperti tidak jalannya program makanan tambahan bagi bayi dan lansia sejak bulan Januari 2021, serta kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).


Ia meminta adanya Tes IVA yang merupakan salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut Rahim.

“Minimal 1 tahun 1 kali pemeriksaan diri IVA Tes, penting untuk mnegetahui kondisi kesehatan alat reproduksi kaum perempuan,” Sebut Joice.

Kades Bomaki Virgilius Lamere mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua  TP-PKK Tanimbar dalam rangka Lomba 10 Program PKK tingkat kabupaten.


Ia mengatakan sejak dua tahun terakhir selama masa pandemi, warga Bomaki sudah sadar protocol kesehatan (Prokes) dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Para anggota dasawismma pun antusias bekerjasama menantikan penilaian tingkat kabupaten.

“Kami sudah tampilkan yang terbaik, harapan, tetap optimis melaju ke tingkat provinsi,” harap Lamere.


Sekretaris Kecamatan, Frets Watutamata mengatakan dalam penilaian disebutkan Bomaki dalam penata ada perbaikan-perbaikan yang berarti dalam membangun desa maju, kecamatan maju, dan kabupaten maju dengan pembenahan yang akan dilakukan tiap hari.

“Biarlah Bomaki jadi pemicuh untuk desa-desa lain di Tansel semakin berubah lebih baik,” harapnya. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel