-->

Inilah Makna Dibalik Serial Korea di Netflix Squid Game yang Angkat Permainan Anak-anak

Inilah Makna Dibalik Serial Korea di Netflix Squid Game yang Angkat Permainan Anak-anak.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Serial Korea terbaru, Squid Game yang tayang di Netflix. Dibintangi oleh Lee Jung Jae dan Park Hae Soo, serial thriller ini menyajikan cerita imajinatif mengenai para peserta yang bertaruh nyawa dalam sebuah permainan bertahan hidup misterius untuk memenangkan 45,6 miliar won

Sutradara Hwang Dong Hyuk memperkenalkan Squid Game sebagai “sebuah alegori besar yang menggambarkan masyarakat kapitalis di masa kontemporer”, serta bagaimana para peserta dengan cerita latar belakangnya masing-masing ini dibuat tertekan dengan ketatnya persaingan di kehidupan modern.

Poster serial ini pun menunjukkan kontras unik antara visual yang berwarna-warni dengan rasa horor yang terpancar dari pesertanya, ditambah penampakan sebuah robot raksasa aneh di belakang mereka.

Menjelang penayangannya, Squid Game juga mengeluarkan trailer terbaru yang memperlihatkan sekilas besarnya skala permainan ini, sekaligus berbagai kericuhan yang dialami para pesertanya. Karakter Gi Hun (Lee Jung Jae) menghubungi nomor telepon di sebuah kartu nama yang memperlihatkan simbol lingkaran, segitiga, dan segiempat.

Tak lama kemudian, ia terbangun di tempat asing yang berwarna-warni, di mana 456 peserta dengan permasalahan hidup masing-masing dikumpulkan.

Sebelum permainan dimulai, peserta diberi peringatan, “Jika kalian tak mau bermain, beri tahu kami sekarang”. Walaupun memiliki pilihan untuk keluar, seluruh peserta tetap bertahan dengan harapan memenangkan hadiah besar. Begitu permainan dimulai, arena yang tadinya tampak seperti lokasi bermain anak-anak berubah drastis menjadi kekacauan.

Demi memenangkan hadiah dan bertahan hidup, para peserta pun terpaksa membahayakan nyawa peserta lainnya. Dalam kondisi yang sangat tak menentu.

Sutradara Hwang Dong Hyuk mengungkapkan asal usul di balik judul Squid Game di serial thriller terbarunya ini.

"Squid Game adalah sesuatu yang saya mainkan saat masih kecil di halaman sekolah atau di lingkungan sekitar rumah. Serial ini mengisahkan orang-orang yang dulu memainkan permainan ini sebagai anak-anak dan mereka kembali sebagai orang dewasa untuk memenangkan uang tunai," kata Hwang Dong Hyuk dalam konferensi pers virtual pada Rabu, 15 September 2021.

Hwang Dong Hyuk merasa berbagai permainan anak-anak yang ditampilkan sebagai alegori dalam serial ini sangat cocok menggambarkan situasi sekarang.

"Squid Game adalah permainan yang paling menguras fisik di antara permainan yang pernah saya mainkan saat masih kecil dan juga salah satu permaian favorit saya. Saya merasa permainan ini menunjukkan situasi kompetitif di masyarakat saat ini," katanya.

Hwang Dong Hyuk telah mulai menyiapkan Squid Game sejak tahun 2008. Ia mulai menulis naskah belasan tahun lalu sampai akhirnya Netflix membantu merealisasikan dan memberinya kebebasan di Squid Game yang tayang besok.

"Bagian terpenting dari film survival game adalah tingkat hiburan yang dilihat dari game ini, dan juga melihat bagaimana para peserta berjuang untuk memenangkan permainan ini," katanya.

Mungkin sejumlah elemen memiliki kemiripan dengan serial bertema survival lainnya. Hwang Dong Hyuk sengaja memberikan kesan berbeda dengan menggunakan berbagai model permainan anak-anak dalam Squid Game karena mudah dipahami.

"Penonton tidak perlu membuang waktu dan energi yang banyak untuk bisa memahami aturan permainan karena sangat sederhana," katanya.

Squid Game dibintangi oleh Lee Jung Jae (Ki Hoon), Park Hae Soo (Sang Woo), Jung Ho Yeon (Sae Byeok), Heo Sung Tae (Deok Soo), dan Wi Ha Jun (Joon Ho). (Tempo)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel