-->

Petrus Fatlolon Sebut Tanimbar Dukung Musda IV Unio Keuskupan Amboina di Aru


DOBO, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, bersama jajarannya menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) IV Unio Keuskupan Amboina dan pembukaan Sinode Gereja Universal, yang berlangsung di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Sabtu (27/11/2021).

Bupati Fatlolon, berharap agar kegiatan musyawarah bagi para pastores projo  ini melahirkan ide-ide yang berkualitas dalam kehidupan beragama dan kerukunan beragama. Apalagi, selama di paroki, para imam  tersebut hidup bersama dengan umat, berdoa bersama dan menyerap input atau masukan dari umat sekaligus menyaksikan kehidupan rohani dan budaya inkulturasi yang selama ini tumbuh dan berkembang bersama umat setempat.

"Akan banyak masukan yang diperoleh para imam ini. Dari penyerapan aspirasi umat ini, salah satu bisa memberikan masukan kepada pemerintah daerah," tandasnya.

Menurut dia, Pemda Tanimbar selalu memberikan  support positif bagi pelaksanaan kegiatan kegiatan rohaniah umat. Pemda sangat terbantu dengan peran aktif para tokoh agama dalam pembangunan di daerah.


Bupati Fatlolon, beserta rombongan dijemput oleh Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga, dan forkopimda setempat. Dimana rombongan Bupati Tanimbar yang tiba di Bandara  Rar Gwamar Dobo, dibawah  menuju rumah Uskup.

Di depan rumah Uskup Bupati Fatlolon dan rombongan disambut dengan tarian adat Tanimbar dan dilanjutkan dengan pengalungan kain adat.

Ketua Unio Projo Keuskupan Amboina RD. Zeno Ngutra, menjelaskan bahwa musda unio IV di Dobo adalah hasil keputusan musda UUnio empat tahun lalu di Tobelo, Provinsi Maluku Utara. Kendati sempat  meragukan apakah pelaksanaan musda ini dapat berlangsung, mengingat sementara masih dalam masa pandemi Covid-19. Namun akhirnya musda ini bisa terlaksana.

Adapun Musda IV Unio mengusung tema "persaudaraan imam diosesan ditengah pandemi covid-19. Peserta musda ini adalah semua imam projo. dengan jumlah 77 org. Menurut Pastor Inno (sapaan akrabnya), ini kesempatan berahmat, untuk para imam duduk bersama membagi suka duka dalam pelayanan, membangun persaudaraan "Dari kami, tentang kami, dan untuk kami".

Musda IV Unio ini juga dihadiri dan dibuka oleh Uskup Agung Keuskupan Merauke dan juga menjabat Administrator Apostolik Keuskupan Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, Msc. (Laura Sobuber)


Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel