-->

Jokowi Sambut Kunjungan Resmi Perdana Menteri Kishida di Istana Bogor


BOGOR, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Jepang Kishida Fumio, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 29 April 2022. Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi oleh PM Kishida dalam lawatan ke luar negerinya kali ini.

PM Kishida bersama delegasi terbatas tiba di Istana Bogor sekitar pukul 15.50 WIB. Kedatangan Kepala Pemerintahan Jepang tersebut turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai disambut oleh Presiden Jokowi, prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekrataris Negara Pratikno, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jailani, serta Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Sementara itu, delegasi Jepang yang hadir adalah Wakil Kepala Sekrataris Kabinet Jepang Isozaki Yoshihiko, Penasihat Khusus PM Jepang Mori Masafumi, Sekretaris Eksekutif PM Jepang Shimada Takashi, Sekretaris Eksekutif PM Jepang Nakagome Masashi, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Kanasugi Kenji, Senior Deputi Menteri Luar Negeri Jepang Yamada Shigeo, serta Direktur Jenderal Asia Tenggara Kano Takehiro.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Kishida untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bersama pohon Cendana atau Santalum album oleh Presiden Jokowi dan PM Kishida.

Selepas penanaman pohon bersama, Presiden Jokowi dan PM Kishida menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara. Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin kemudian melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan resmi ini pun diakhiri dengan jamuan santap malam kenegaraan bagi PM Kishida di Ruang Garuda.(Setpres)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel