-->

Muslim di Seluruh Dunia Rayakan Idulfitri di Masjid Amr ibn Al-A'as

WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Ratusan Muslim berkerumun di luar masjid bersejarah Amr ibn Al-A'as di Kairo, menunggu giliran masuk untuk melakukan salat Idulfitri. Jumlah mereka jauh lebih besar daripada yang terlihat selama dua tahun terakhir.

Keluarga-keluarga menghadiri salat Idul Fitri yang dilaksanakan setelah matahari terbit. Banyak dari mereka tidak melakukan salat itu pada tahun 2020 dan 2021 karena pembatasan pandemi dan ketakutan akan terpapar virus.

Mariam Aly salah seorang jemaah di masjid itu mengatakan, “Tentu saja Id adalah salat Idulfitri dan merupakan kebahagiaan bagi kita semua. Dalam beberapa tahun terakhir, kami tidak bisa melakukannya karena karantina dan larangan jam malam, tetapi tahun ini berbeda.”

Muslim di Mesir merayakan akhir bulan suci Ramadan itu pada hari Senin dengan salat Id. Salat dimulai pada pagi hari di masjid-masjid di seluruh negeri.

Idul Fitri adalah salah satu perayaan utama dari kalender Muslim di Mesir, seringkali melibatkan pertemuan keluarga besar di mana orang tua sering membeli hadiah dan pakaian baru untuk anak-anak mereka.

Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi menghadiri salat di masjid Mosheer Tantawy di Kairo.

Di Rumania, muslim merayakan Idul Fitri, Senin. Mereka berkumpul dalam jumlah besar di dalam satu gedung olahraga di Bucharest.

Para pemimpin menyerukan toleransi dan perdamaian sementara perang di Ukraina berlanjut.

"Kita punya pesan yang sangat penting mengenai konflik yang terjadi di dekat kita. Kita semua akan berdoa untuk perdamaian, untuk toleransi dan agar kebaikan menang dan hal-hal buruk hilang," kata Gemaledin Demirel, direktur Liga Islam dan Kebudayaan di Rumania

Sementara itu di Istanbul ribuan jemaah muslim berbondong-bondong ke Masjid Hagia Sophia, Senin, untuk merayakan Idul Fitri dengan salat berjemaah.

Jemaah memenuhi gedung abad ke-6 dan alun-alun di luarnya untuk salat subuh dan kemudian menunggu salat Idul Fitri, termasuk Niyazi Erkan. "Semoga Allah memberkati semua orang (berdoa di Hagia Sophia). Semoga kita bisa menyaksikan bulan suci Ramadan berikutnya di sini. Sangat ramai, perasaan yang sangat menyenangkan."

Hampir dua tahun lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengubah Hagia Sophia, katedral era Bizantium yang ikonik di kota itu menjadi masjid sebelum menjadi museum dan akhirnya kembali menjadi masjid.

Banyak umat hadir untuk merayakan Idul Fitri di depan Hagia Sophia.

Di ibukota Irak, Baghdad, umat juga pergi ke masjid untuk melakukan salat yang menandai awal dari liburan Idul Fitri.

Umat di Irak bersama umat Islam di seluruh Timur Tengah dan sekitarnya bergembira merayakan akhir bulan suci Ramadan. (VOA)


Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel