-->

Berhasil Pecahkan Rekor MURI, Polres Tanimbar Gelar Kegiatan Minum Jus Pala Sebanyak 2100 Orang


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Sebanyak 2100 orang di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) turut berpartisipasi bersama Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Tanimbar (KepTan) dalam kegiatan yang diprakarsai Kapolda Maluku, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., yakni memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Minum Jus Pala terbanyak. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (25/06/2022) dan bertempat di Lapangan Mandriak, Desa Sifnana Omele, Kecamatan Tanimbar Selatan, KKT, Provinsi Maluku, dan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Saumlaki yang adalah sebagai sponsor utama kegiatan dimaksud.

Kegiatan yang diprakarsai Polda Maluku ini berhasil memecahkan rekor MURI untuk minum Jus Pala terbanyak secara hybrid dengan jumlah Jus Pala yang diminum sebanyak 16.076 botol. Sedangkan untuk Tanimbar sendiri, jumlah Jus Pala yang diminum mencapai sebanyak 2100 botol.

Kapolres KepTan, AKBP Umar Wijaya, S.I.K., saat dikonfirmasi indonesiatimur.co di Lapangan Mandriak mengatakan, tentang pemecahan rekor MURI atas inisiatif Kapolda Maluku itu berdasarkan konsep bahwa salah satu buah jenis rempah-rempah yang terkenal di Maluku dari dahulu kala zaman penjajahan dan terkenal mendunia adalah Buah Pala, sehingga Kapolda Maluku berinisiatif memecahkan rekor MURI tentang minum jus dari Buah Pala tersebut.

“Awalnya kita agak ragu terkait dengan jumlah, tapi begitu dilakukan pengecekan oleh para pengusaha UMKM-nya, menyanggupi untuk menyediakan jumlah Jus Pala yang akan kita lakukan pemecah rekor sebanyak 16.076, dalam hal ini yang ditentukan sesuai dengan jumlahnya yakni, 16 ribu itu untuk kuota pemecah rekor MURI, sementara 76 adalah melambangkan tentang peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 ini,” ungkap Kapolres Umar Wijaya.

Dirinya menambahkan, untuk Tanimbar sendiri, sesuai arahan dari Polda Maluku untuk pembagian dari masing-masing daerah yakni dari jumlah 16.076 tersebut adalah sebanyak 1.822, namun berdasarkan undangan dan konfirmasi dari pihak TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda, terkonfirmasi di Tanimbar ini ada lebih kurang 2.100 orang yang memenuhi tantangan meminum Jus Pala dimaksud.

Lebih rinci dijelaskan orang nomor satu di Polres KepTan ini, untuk rangkaian kegiatan bulan Juni ini, menyongsong peringatan Hari Bhayangkara ke-76, pihaknya mendapat arahan dari Polda Maluku untuk melaksanakan berbagai kegiatan, yakni bakti sosial, bantuan sosial, anjangsana, olahraga bersama, dan pada hari ini adalah memecahkan rekor MURI meminum jus Pala.

“Kedepan, kita akan lakukan kegiatan di tanggal 29 Juni nanti adalah ziarah dan tabur bunga, dan tanggal 30 nanti adalah kegiatan doa bersama yang akan dilangsungkan di Mapolres KepTan,” tambahnya.

Kegiatan meminum Jus Pala yang pelaksanannya secara serentak tersebut, juga turut dihadiri oleh Penjabat Bupati KepTan Daniel Edward Indey, S.Sos., M.Si., dan turut dilakukan pengecekan langsung oleh Kapolda Maluku melalui virtual video untuk dapat mengetahui dengan pasti seberapa banyak peserta yang hadir di Tanimbar dalam melakukan kegiatan dimaksud.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) KKT Drs. Ruben Benharvioto Moriolkossu, M.M., yang hadir bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta para Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polda Maluku bersama seluruh jajarannya hingga ke Polres dan Polsek yang telah menyelenggarakan kegiatan meminum Jus Pala hari ini, yang mana melalui kegiatan tersebut telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk Maluku, untuk Indonesia, dan untuk Dunia.

“Kami berikan apresiasi juga karena masyarakat sangat antusias untuk mendukung segala kegiatan-kegiatan maupun tugas-tugas Polri untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di daerah ini. Atas nama Pemda KKT saya ucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak yang telah mendukung sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sedemikian baik,” ungkap Sekda.

Ungkapan yang sama, turut pula disampaikan Wakil Ketua 1 DPRD KKT Jidon Kelmanutu, S.T., Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Ignatius Dewanto Letkol. Pas. Yohanes M. Paulus, S.Pd., M.A.P., Komandan Kompi (Danki) 3 Batalyon C Pelopor Polda Maluku IPTU Nyoman Sudarmaja, serta mewakili para pemuka agama di Tanimbar, Wakil Uskup Wilayah KKT dan MBD RD. Simon Petrus Matrutty, yang turut mengapresiasi kegiatan dimaksud.

Seperti halnya yang diungkapkan Danlanud bahwa, sesuai dengan slogan yang ada bahwa ‘Polisi Adalah Kita’, memang harus digalakan agar masyarakat semakin menyadari dan memahami tentang berbagai aturan yang ada, sehingga kehidupan dalam bermasyarakat semakin baik dan tentunya lebih tentram dan indah kedepannya.

“Terimakasih kepada Kapolda Maluku dan jajarannya yang telah membantu mempromosikan Jus Pala sebagai salah satu hasil dari bumi Maluku sampai tingkat nasional dan bahkan mendunia lewat kegiatan ini. Bagi saya, hal ini pertanda bahwa Polri itu datang dari masyarakat dan berkarya untuk masyarakat. Konsep ini saya temukan disitu. Tujuannya, Polri ingin membangkitkan kearifan lokal hasil bumi Maluku dan mempromosikan lewat acara ini, dari Maluku, untuk Indonesia dan untuk dunia,” ungkap RD. Matrutty mewakili para Tokoh Agama di KKT. (indonesiatimur.co)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel