-->

Norman Ditubun Apresiasi Bapenda Mimika Sosialisasi PBB di Nawaripi

Norman Ditubun Apresiasi Bapenda Mimika Sosialisasi PBB di Nawaripi

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Kampung Nawaripi gandeng Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika, Rabu (8/6/2022) menggelar sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun anggaran 2021 kepada ketua-ketua RT, Tokoh masyarakat dan warga selaku wajib pajak.

Kepala Kampung Nawaripi Norman Ditubun mengatakan, sosialisasi PBB dari Bapenda kepada masyarakat di Kampung Nawaripi untuk meningkatkan ketaatan dan kepatuhan dalam menjalankan kewajibannya membayar pajak daerah.

"Jadi maksud kita berkumpul hari ini untuk kita bicara masalah pajak, dan ijin mendirikan bangunan," kata Norman Ditubun, Rabu (8/6/2022).

Ia menjelaskan, sebagai warga negara wajib membayar pajak, sebab hasil pembayaran pajak nantinya akan ada Pajak Bagi Hasil (PBH) yang nantinya akan dialokasikan untuk kampung-kampung. Dengan adanya pajak bagi hasil itu nantinya bisa digunakan untuk pembangunan kampung. 

Sama halnya dengan PBH tahun lalu, anggaran yang bersumber dari masyarakat melalui pajak akan terima kembali untuk keperluan pemberdayaan masyarakat, salah satu contoh, pengadaan mesin parut untuk masyarakat Kamoro di Kampung Nawaripi sehingga mempermudah proses pembuatan sagu, yang selama ini mereka menokok sagu. 

"Jadi pajak sangat penting, itu merupakan sebagai warga negara Indonesia, karena uang itu kita bayar ke negara, nanti negara kembalikan kepada kita," jelas Norman.

Kedepan, ia berharap agar warga Nawaripi selalu wajib pajak agar taat membayar pajak demi perluasan pembangunan di kampung.

"Jadi saya lihat, kami (warga Nawaripi) sadar untuk membayar pajak, kalau bisa warga yang belum bayar pajak supaya bayar pajak," harapnya.

Sementara itu, Sekertaris Distrik Wania, Dra, Nuraeni mengatakan, warga yang memiliki sebidang tanah dan rumah merupakan wajib pajak, sehingga harus melaksanakan kewajiban.

"Kita semua merupakan wajib pajak, dan wajib membayar pajak," kata Nuraeni. (Ricky Lodar)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel