-->

Widya Murad Ismail Kukuhkan Misa Keliobas sebagai Bunda Literasi Seram Bagian Timur


BULA, LELEMUKU.COOM - Bunda Literasi Provinsi Maluku, Ny.Widya Pratiwi Murad Ismail di Kamis (16/06/2022), di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), mengukuhkan Misa Keliobas (Isteri Bupati SBT) sebagai Bunda Literasi Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) .

Acara pengukuhan dihadiri Wakil Bupati SBT, Sekda Kabupaten SBT dan sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten SBT serta sejumlah tokoh perempuan.

Pada kesempatan itu, Widya menggelorakan semagat membaca di kalangan masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) dan kesejahteraan rakyat.

“Kemampuan membaca bukan kemampuan bawaan sejak lahir, melainkan merupakan suatu keterampilan yang harus dipupuk dam dibina serta dikembangkan dari mulai pembinaan minat, kegemaran, kebiasaan sehingga membaca merupakan suatu kebudayaan yang dapat menciptakan masyarakat pembelajaar (learning society) dan pada akhirnya dapat meningkatkan Nilai Tingkat Kegemaran (TGM) membaca kita dan mencapai target nasional pada tahun 2023 yaitu 63,3,” imbau Widya.

Dikatakan, ada 2 hal penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam nilai TGM yaitu sejauh mana minat baca kita dan juga ketersediaan buku atau sumber informasi lainnya.

“Dengan demikian, yang menjadi arah gerak kita kedepan untuk mencapai target Nilai TGM tersebut adalah menumbuhkembangkan minat baca masyarakat yang di mulai dari keluarga, sekolah, komunitas maupun dalam lingkungan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui , berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Rencana Strategis Perpustakaan Nasional RI Tahun 2020 – 2024, maka pemerintah daerah perlu melakukan Pengukuran Indikator Kinerja Kunci (IKK) Urusan Pemerintahan Bidang Perpustakaan, yang salah satunya yaitu : Nilai Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).
Nilai kegemaran membaca masyarakat adalah tingkat perilaku atau kebiasaan masyarakat dalam memperoleh pengetahuan dan informasi dari berbagai bentuk media yang dapat dilakukan secara mandiri oleh pemerintah daerah dalam jangka waktu tertentu.

Ia mengatakan, perpustakaan adalah menjadi sangat penting, karena sskarang ini perpustakaan yang memiliki peranan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan rakyat melalui penguatan budaya literasi guna mewujudkan masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024.

Dalam mendukung upaya tersebut kita membutuhkan para publik figur untuk bersama-sama dengan Bunda Literasi Provinsi Maluku mengkampanyekan, menggelorakan semangat gemar membaca maupun budaya literasi.

“Saya bersyukur dan berterima kasih atas suatu prestasi besar yanng dibuat Pemerintah Kabupaten SBT di mana dikukuhkannya Ibu Misa Keliobas sebagai Bunda Literasi Kabupaten SBT masa bakti 2022-2026.
Saya percaya Bunda Misa Keliobas dapat menjadi role model atau tokoh penggerak Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Literasi bersama Pemerintah Kabupaten, stakeholder dan elemen masyarakat dapat e
menumbuhkembangkan minat baca masyarakat, mendorong peningkatan kunjungan dan akses jasa informasi di perpustakaan, baik perpustakaan daerah, sekolah, desa sampai pada taman baca maupun rumah pintar yang ada di Kabupaten SBT. Kiranya kegiatan Pengukuhan Bunda Literasi saat ini tidak sebatas sampai pada Bunda Literasi Kab. SBT saja, tetapi kedepan akan dikukuhkan Bunda Literasi kecamatan, dan Bunda Literasi Desa,” harap Widya.

Selain acara pengukuhan Bunda Literasi, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Tingkat Menengah Kabupaten SBT. Hal ini merupakan bukti nyata perhatian dan peran aktif Bunda Litrerasi dalam mengakampanyekan pembudayaan gemar membaca.

Widya menjelaskan, di era teknologi sekarang ini mempunyai banyak manfaat tetapi juga mempunyai dampak negatif jika salah memanfaatkannya.

Namun yang perlu dipahami bahwa membaca mempunyai peran penting dimasa milenial ini. Anak-anak sekolah adalah generasi emas bangsa, masa depan bangsa dan negara.

“Untuk itu, saya Bunda Literasi Provinsi Maluku mengajak kita semua untuk gemar membaca, memanfaatkan sumber bacaan yang ada di perpustakaan maupun di tempat atau media lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup kita,” ungkapnya.

Masih kata Widya, manfaat yang diperoleh dengan membaca yaitu melalui membaca kita tidak hanya mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan memudahkan dalam memahami mata pelajaran, tetapi juga akan memudahkan dalam kegiatan belajar ataupun di rumah.
Selain itu juga, akan meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor setta memperluas pengalaman kita serta menemukan solusi atas masalah yang kita hadapi.

” Untuk saya juga perlu mengajak para kepala SMA/SMK sederajat kiranya dapat membantu menumbuhkembangkan minat baca para siswa di sekolah dengan berbagai kegiatan pembudayaan gemar membaca dan literasi maupun pengembangan koleksi perpustakaan sehingga dapat memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan informasi para siswa,” tandas Widya. (indonesiatimur.co)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel