-->

Awali KTT APEC, Jokowi Bertemu dengan Sejumlah Pemimpin Negara


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengawali Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation) APEC ke-29 di Bangkok, Thailand, dengan bertemu sejumlah pejabat negara lain. Pagi ini, Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok.

"Selepas itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk menghadiri Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC (AELM) Ke-29 yang digelar dalam format retreat di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok," bunyi siaran pers Istana Kepresidenan, Jumat, 18 November 2022.

Setelah bertemu para pemimpin dunia, Jokowi dijadwalkan menghadiri sesi Dialog Informal Pemimpin APEC dengan para pemimpin ekonomi di luar APEC yang diundang, antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

"Selepas itu, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Chief Executive Hong Kong. Presiden Jokowi kemudian akan mengikuti sesi Makan Siang Pemimpin APEC bersama Undangan," bunyi siaran pers tersebut.

Baca: Jokowi ke Joe Biden: ASEAN Minta Kehadiran AS Bawa Perdamaian di Kawasan

Pada siang nanti, Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Jokowi kemudian akan menghadiri sesi Dialog Pemimpin APEC dengan ABAC (Dewan Penasihat Bisnis APEC) dan dilanjutkan dengan mengunjungi Bio-Circular-Green (BCG) Exhibition pada sore harinya.

Sebagai agenda penutup, Jokowi diagendakan untuk melakukan audiensi dengan Raja Thailand di Chakri Maha Prasat Throne Hall. Jokowi dan rombongan akan kembali ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Suvarnabhumi. Jokowi diperkirakan tiba di Indonesia pada malam hari nanti.

Pada KTT APEC kali ini, Jokowi menyatakan yang menjadi fokus utama Indonesia adalah mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. "Prinsipnya leave no one begins behind," ujar Jokowi.

Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik atau APEC, adalah forum terkemuka di Asia-Pasifik yang terdiri dari 21 negara. Tujuan dari forum ini untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi, pertumbuhan ekonomi, dan kerja sama regional.

Pada KTT APEC tahun ini, Thailand menjadi tuan rumah dan konferensi akan berlangsung pada tanggal 18 dan 19 November 2022. Tema yang ditentukan oleh Thailand sebagai ketua APEC tahun ini adalah rehabilitasi ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

Jokowi menerangkan, pembahasan pemulihan ekonomi itu mencakup transformasi digital, ekonomi hijau, dan hilirisasi industri. Menurut Jokowi, keriga poin itu bakal sangat penting dibahas pada forum tersebut.

"Mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia dan 60 persen GDP dunia, APEC harus terus menjadi mesin pertumbuhan ekonomi dunia di Asia Pasifik," kata Jokowi.(Tempo)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel