-->

Joe Biden Sebut Para Pemimpin NATO dan G7 Sepakat akan Selediki Insiden Rudal yang Jatuh


BALI, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan para pemimpin NATO dan kelompok negara G7 telah “sepakat dengan Polandia untuk menyelidiki terlebih dahulu rudal yang jatuh di bagian timur Polandia.” Hal ini disampaikannya seusai melangsungkan pertemuan darurat dengan para pemimpin NATO dan G7 di sela KTT G20 di Bali pada Rabu (16/11) pagi.

Biden mengatakan “tidak mungkin” rudal yang menewaskan dua orang di Polandia, dekat perbatasan Ukraina, ditembakkan dari Rusia; tetapi menjanjikan dukungan untuk penyelidikan penuh Polandia terhadap apa yang disebutnya sebagai rudal “buatan Rusia.

“Ada informasi awal yang membantah hal itu,” ujar Biden kepada wartawan ketika ditanya apakah rudal itu ditembakkan dari Rusia. “Kecil kemungkinan rudal itu ditembakkan dari Rusia, tapi kita lihat saja nanti.”

Presiden Biden, yang pada Selasa (15/11) malam dibangunkan stafnya dengan berita ledakan rudal itu, telah menghubungi Presiden Polandia Andrzej Duda pada Rabu pagi untuk menyampaikan “belasungkawa mendalam” atas jatuhnya korban jiwa atas insiden tersebut.

Biden lewat Twitter mencuit “dukungan penuh Amerika untuk membantu penyelidikan Polandia,” dan “menegaskan kembali komitmen kuat Amerika terhadap NATO.”

Pejabat Gedung Putih mengatakan beberapa pemimpin yang mengikuti pertemuan darurat dengan Biden pada Rabu pagi adalah Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Italia Georgia Meloni, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel. Ikut hadir pula Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. (VOA)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel