-->

Nancy Pelosi akan Mundur dari Jabatanya Sebagai Ketua DPR AS


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Nancy Pelosi,Ketua DPR Amerika Serikat pada Kamis, 17 November 2022, mengumumkan akan mengundurkan diri setelah Partai Republik memenangkan suara mayoritas DPR Amerika Serikat. Pelosi berasal dari Partai Demokrat dan telah mencatatkan diri sebagai perempuan pertama di Negeri Abang Sam yang menduduki jabatan ketua DPR Amerika.

Tak lama setelah pengumuman itu, Hakeem Jeffries langsung dilirik untuk menggantikan posisi yang hendak ditinggalkan Pelosi. Sedangkan para politikus Partai Republik bersiap menunjuk Ketua DPR dari Partai tersebut, yang diperkirakan akan menghalangi agenda legislatif Presiden Amerika Serikat Joe Biden.    

Tugas Ketua DPR Amerika yang baru nanti, harus menyatukan segala keretekan di DPR antara kubu tengah dan sayap kiri yang semakin vokal.  

Ketua DPR AS Nancy Pelosi memegang palu saat ia memimpin Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui dua pasal pemakzulan terhadap Presiden AS Donald Trump di Capitol Hill di Washington, AS, 18 Desember 2019.[REUTERS / Jonathan Ernst]

Pelosi, 82 tahun, adalah sosok yang liberal dan beral dari California. Dia mengumumkan pengunduran diri dalam sebuah pidato di DPR, yang langsung disambut tepuk tangan dari politikus Partai Demokrat sebagai bentuk dukungan. Dia meyakinkan belum akan pensiun dari DPR, namun akan terus memantau lembaga itu.

Pelosi telah memainkan peran penting dalam menggiring agenda legislatif dua presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat untuk melalui Kongres, meski dia banyak difitnah oleh kaum konservatif.    

Pelosi membantu mantan Presiden Barack Obama meloloskan undang-undang perawatan kesehatan masyarakat Amerika pada 2010 serta menjelaskan soal anggaran pengeluaran untuk infrastruktur dan penanganan iklim. Sedangkan di bawah pemerintah Presiden Joe Biden, Pelosi membantu menyusun regulasi soal senjata api.

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel