-->

Airlangga Hartarto Minta Kepala Daerah Bikin Terobosan Hadapi Ancaman Resesi


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program-program pemerintah daerah dalam upaya pemberdayaan ekonomi, sangat dibutuhkan dalam situasi ancaman resesi saat ini.

Para kepala daerah dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) diharapkan mampu melakukan terobosan di bidang ekonomi agar kuat menghadapi tantangan resesi.

"Program-program pemberdayaan menjadi penting antara lain program daerah untuk program-program padat karya baik di kota maupun di desa," kata Airlangga saat menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda di SICC, Bogor, Selasa 17 Januari 2023.

Dalam paparannya, Airlangga mengatakan, program pemberdayaan yang dapat dilakukan diantaranya optimalisasi akses terhadap pekerjaan, peningkatan kapasitas SDM, peningkatan kapasitas UMKM dan pembiayaan UMKM.

"Kalau kita lihat sektor pertanian itu adalah sektor yang paling cepat untuk dikerjakan apalagi sektor pangan, itu menjadi sangat penting untuk menekan inflasi," kata Airlangga.

Selanjutnya, kata Airlangga, bagi kepala daerah dan forkopimda diharapkan bisa mengoptimalisasi belanja pusat dan daerah untuk peningkatan penggunaan produksi dalam negeri (P3DN).

"Karena P3DN ini penting, kita lihat beberapa sektor industri di tekstil alas kaki itu mengalami demandnya sedikit turun dan mulai terjadi PHK di beberapa provinsi diantaranya di Jawa Barat," kata Airlangga.

Airlangga optimis, pertumbuhan ekonomi di Indonesia dapat tumbuh seperti prediksi yang dilakukan oleh Bloomberg dan lembaga lainnya. Namun, dirinya nuga mengingatkan agar seluruh pihak dapat berhati-hati terhadap ancaman dari luar.

"Oleh karena itu bapak presiden minta kita untuk waspada, kita lihat baik OECD, IMF kemudian World Bank, itu memproyeksikan pertumbuhan di tahun 2023 lebih rendah dari 2022," kata Airlangga.(Tempo)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel