-->

Jayant Khobragade Harap Kerja Sama India-ASEAN Bisa Meningkat


NEW DALHI, LELEMUKU.COM - Duta Besar India untuk ASEAN Jayant Khobragade berharap kerja sama India dan ASEAN bisa semakin meningkat setelah pada November 2022 lalu hubungan ASEAN – India naik ke level comprehensive strategic partnership. Keketuaan ASEAN pada tahun ini dipegang oleh Indonesia.

Menurut Khobragade, India dan negara anggota ASEAN punya orientasi yang sama, di antaranya sama-sama negara berkembang. Dengan begitu, penting bagi India, Indonesia dan ASEAN bekerja sama, termasuk dalam kerangka G20.

“Hubungan ASEAN dan India sudah di level comprehensive strategic partnership, di mana ini harus menjadi kesempatan untuk saling memberikan peluang di banyak sektor mulai dari keamanan siber, digital ekonomi, konektivitas, people to people contact, dan area lainnya. Kami ingin memperluas kemitraan,” kata Khobragade, Kamis, 12 Januari 2023 di Jakarta.


Pada tahun lalu, ASEAN dan India merayakan 30 tahun persahabatan. Ada banyak kegiatan yang dilakukan dalam perayaan ini sepanjang 2022. Mulai dari pertemuan khusus antara para menteri luar negeri ASEAN dengan India, kunjungan anggota parlemen negara anggota ASEAN ke India dan acara pameran teknologi bidang start-up.

Sedangkan pada Februari 2023, rencananya akan ada youth summit yang diselenggarakan di India. Acara akan dihadiri oleh ratusan anak muda dari ASEAN untuk saling berinteraksi dengan 50 anak muda dari India membahas sejumlah topik.      

Rangkaian acara itu diharapkan bisa menciptakan pemahanan antara masyarakat di India dan ASEAN

Aspek penting lainnya adalah ASEAN outlook on Indo-pasifik. Kawasan pasifik telah menjadi wilayah penting di dunia yang strategis secara politik dan ekonomi, bahkan slogannya adalah episentrum pertumbuhan ekonomi. Duta Besar Khobragade pun meyakinkan India ingin punya kolaborasi di area ini.

Nilai perdagangan India – ASEAN pada tahun keuangan 2022, menembus ratusan miliar USD. Sekitar 20 persen output India dikirim ke negara-negara ASEAN.

Di sektor pariwisata, sebanyak 18 persen turis India piknik ke negara-negara ASEAN, di mana tiga negara wisata yang paling diincar turis India adalah Singapura, Malaysia dan Thailand. Bukan hanya itu, tercatat 18 persen diaspora India tinggal di negara-negara anggota ASEAN.

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel