-->

Menuju Perbaikan Hubungan, Sameh Shoukry dan Mevlut Cavusoglu Bertemu di Kairo


KAIRO, LELEMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengadakan pembicaraan dengan timpalannya dari Mesir di Kairo pada Sabtu, 18 Maret 2023, dalam kunjungan pertama setelah satu dekade putusnya hubungan.

Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry diperkirakan akan membicarakan serangkaian isu bilateral dan internasional dalam satu langkah menuju pengembalian hubungan yang normal, menurut pernyataan kedua pihak.

Hubungan antara Turki dan Mesir sangat tegang setelah panglima militer Mesir saat itu Abdel Fattah al-Sisi memimpin penggulingan Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslimin, sekutu Ankara, pada 2013. Sisi terpilih sebagai presiden pada tahun berikutnya.

Kedua negara juga berselisih dalam beberapa tahun terakhir atas Libya, di mana mereka mendukung faksi-faksi yang berlawanan dalam konflik yang belum terselesaikan, dan juga mengenai perbatasan laut di Mediterania Timur yang kaya gas.

Konsultasi antara pejabat senior kementerian luar negeri di Ankara dan Kairo dimulai pada 2021, di tengah dorongan Turki untuk meredakan ketegangan dengan Mesir, UEA, Israel, dan Arab Saudi.

Sebagai bagian dari rekonsiliasi tentatif itu, Ankara meminta saluran TV oposisi Mesir yang beroperasi di Turki untuk melunakkan kritik mereka terhadap Mesir.

Bulan lalu, Shoukry mengunjungi Turki untuk menunjukkan solidaritas setelah gempa hebat di Turki yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di Turki dan Suriah.

Mursi meninggal dunia di penjara Mesir pada 2019. Anggota senior lainnya dari Ikhwanul Muslimin dipenjara di Mesir atau melarikan diri ke luar negeri, dan kelompok tersebut tetap dilarang.

Bulan lalu, pemerintah Mesir, yang telah berjuang untuk mengelola kekurangan mata uang asing yang akut, mengatakan perusahaan-perusahaan Turki telah berkomitmen untuk investasi baru sebesar $500 juta di Mesir.(Tempo)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel