-->

Pemkab Nabire Dukung Gerakan Nasional Panen Padi 1 Juta Hektar

Pemkab Nabire Dukung Gerakan Nasional Panen Padi 1 Juta Hektar

NABIRE, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah mendukung Kementrian pertanian direktorat jenderal tanaman pangan, Gerakan Nasional panen padi 1 Juta Hektar dengan menggelar panen padi bersama kelompok tani Bahagia kampung bumi raya distrik nabire barat, 10 maret 2023.
Kegiatan panen padi 1 juta hektar ini, di hadiri Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, perwakilan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Tengah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nabire, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Nabire, serta Para Kelompok Tani Bahagia Bumi Raya.

Kegiatan panen padi 1 juta hektar kelompok tani Bahagia tersebut  diawali dengan doa, dan dilanjutkan dengan sambutan wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaludin  mengatakan pemerintah kabupaten Nabire menyampaikan kepada kelompok tani bahagia kampung bumi raya distrik Nabire barat yang bersemangat dalam melakukan penanaman padi,

Sehingga pada hari ini kita boleh melaksankan panen raya nusantara satu juta hektar, dan  dapat terealisasikan apa yang menjadi program pemerintah pusat yaitu mengenai ketahanan pangan Nasional.

Mengingat padi yang kemudian menjadi beras merupakan kebutuhan pokok warga Nabire selain sagu dan umbi – umbian maka pemerintah melalui dinas pertanian harus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada masyarakat kelompok tani guna memastikan peningkatan produksi tani di setiap tahunnya

Serta menjaga kestabilan dan ketersediaan pangan pokok dalam masyarakat di wilayah  meepago yang mendimami 8 Kabupaten di Provinsi Papua Tengah, sementara untuk kabupaten nabire sendiri kelompok tani bahagia menanam sekitar 350 Hektar di kampung Bumi raya distrik nabire barat.

“Saya berharap agar keberhasilan panen raya ini dapat ditularkan pada kelompok tani lainnya dengan begitu peningkatan angka produksi pada bidang pertanian dapat menunjukan peningkatan di setiap tahunnya dan berdampak kepada perekonomian masyarakat”.

“Keberhasilan dalam panen raya ini harus kita jadikan motivasi mandiri pangan. Dimana para tani dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki kepada para tani lainnya sehingga dengan semangat gotong royong,

kabupaten Nabire dapat tergolong menjadi kabupaten mandiri pangan yang dimulai dari kampung kali bumi Nabire barat, sehingga apa yang sudah capai hari ini, kedepannya dapat memenuhi kebutuhan Pangan baik untuk nabire dan provinsi papua tengah. (Lenza Papua Tengah)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel