-->

Arab Saudi dan Kanada akan Pulihkan Hubungan Diplomatik Penuh


RIYADH, LELEMUKU.COM - Arab Saudi dan Kanada akan memulihkan hubungan diplomatik penuh, kata kerajaan itu Rabu (24/5). Pada 2018 kedua negara berselisih soal hak asasi manusia, dan berakhir dengan Saudi mengusir duta besar Kanada dan membekukan perdagangan baru.

Keputusan itu, yang juga diumumkan Kementerian Luar Negeri Kanada, muncul setelah pembicaraan tahun lalu antara Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela-sela KTT Forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok.

"Telah diputuskan akan memulihkan hubungan diplomatik dengan Kanada ke tingkat sebelumnya," kata kementerian luar negeri Saudi dalam pernyataan.

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly, Rabu, mengatakan kedua negara akan "menunjuk duta besar baru". Pernyataan kementerian luar negeri Kanada menyebut Jean-Phillipe Linteau sebagai duta besar baru Kanada untuk kerajaan tersebut.

Arab Saudi tidak menyebut siapa yang dipilih menjadi duta besarnya.

Rekonsiliasi dilandaskan pada "keinginan kedua pihak untuk memulihkan hubungan diplomatik antara kedua negara atas dasar saling menghormati dan kepentingan bersama," kata kementerian luar negeri Kanada. (voa)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel