-->

Jokowi Sambut Para Pemimpin ASEAN di Labuan Bajo


MANGGARAI BARAT, LELEMUKU.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan para pemimpin negara-negara ASEAN yang akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42, di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/05/2023) pagi.

Presiden Jokowi menyambut kedatangan, menyalami, dan berfoto bersama para pemimpin ASEAN di depan lobi Hotel Meruorah, Labuan Bajo, yang menjadi lokasi pertemuan-pertemuan puncak KTT. Selanjutnya Presiden mempersilakan masing-masing pemimpin untuk menunggu sejenak di lobi hotel.

Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen adalah pemimpin negara ASEAN yang pertama tiba di lokasi acara. Kemudian secara berurutan diikuti oleh PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand Marcos, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, dan PM Timor Leste Taur Matan Ruak.

Urutan ketibaan selanjutnya adalah PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM Thailand Don Pramudwinai, serta PM Vietnam Pham Minh Chinh.

Pemimpin negara anggota ASEAN yang tidak hadir di Labuan Bajo adalah dari Thailand dan Myanmar. PM Thailand Prayut Chan-o-cha tidak hadir karena negara tersebut akan menyelenggarakan pemilu pada tanggal 14 Mei. Sedangkan Myanmar, sesuai dengan kesepakatan para pemimpin ASEAN sebelumnya, yang diundang adalah dari non-political level.

Selepas menyambut seluruh pemimpin negara peserta KTT ASEAN maupun yang mewakili, Presiden Jokowi tampak berbincang sejenak dengan mereka di lobi hotel. Selanjutnya para pemimpin ASEAN melakukan sesi foto bersama di pelataran belakang lobi hotel dengan latar belakang kapal pinisi yang telah berbalut aksen logo “ASEAN Indonesia 2023”. Para pemimpin selanjutnya mengikuti pleno sesi pembukaan KTT Ke-42 ASEAN yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo. (DND/UN)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel