-->

KCIC Jalankan Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk Tes OCS


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) dan Comprehensive Inspection Train (CIT) Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB telah memasuki tahapan hot sliding test di jaringan Overhead Catenary System (OCS) kemarin, Jumat, 19 Mei 2023. Kemudian hari ini, Sabtu, 20 Mei 2023 rencananya dilanjutkan.

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengatakan, kegiatan itu merupakan kelanjutan dari tahapan pengujian KCJB yang selama ini terus dilakukan. Menurut dia, pengetesan yang dilakukan untuk memastikan seluruh OCS sudah dialiri listrik dengan menjalankan EMU untuk pengujiannya, dan rencana diikuti perjalanan CIT di hari berikutnya.

“Hal ini merupakan tindak lanjut dari pengaliran listrik yang pertama kali dilakukan pada Kamis malam, 18 Mei 2023 ke seluruh jaringan OCS KCJB," ujar dia lewat keterangan tertulis pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Tahapan pengetesan itu merupakan kegiatan internal test yang dilakukan oleh kontraktor KCJB didampingi konsultan independen dan melaporkan hasilnya secara periodik ke KCIC. Kontraktor melakukan pengujian Hot Sliding Test ini sebagai tahapan sebelum dilakukannya commissioning test internal oleh Kementerian Perhubungan.

Pengujian dilakukan dengan menjalankan EMU dan CIT rute Depo Tegalluar, Stasiun Tegalluar, hingga ke Stasiun Halim. Dalam pengetesan ini, OCS dibebani dengan menjalankan EMU dan CIT dalam kecepatan terbatas yaitu rata-rata 60 kilometer per jam.

Seluruh jaringan kelistrikan diuji secara seksama agar tahapan tes dapat dilakukan ke tahap selanjutnya, sekaligus melakukan pengujian fungsi subsistem lainnya. “Ke depan berbagai tes akan terus dilakukan terhadap sarana dan prasarana yang telah dibangun untuk memastikan kesiapan dan keselamatan operasional KCJB,” kata Emir.

Untuk pengetesan pada Jumat kemarin, kata Emir, berjalan lancar dan EMU berhasil tiba di Stasiun Halim sesuai rencana. Momen ini menurut dia, merupakan momen yang cukup penting, karena pertama kalinya sepur kilat itu berjalan dari Tegalluar hingga ke Halim.

“KCIC akan terus melakukan pengetesan dalam rangka menghadirkan Kereta Api Cepat pertama di Indonesia,” ucap Emir. (Tempo)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel