-->

PM Spanyol Pedro Sanchez Serukan Pemilu Dini Menyusul Hasil Pilkada


MADRID, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Spanyol menyerukan pemilihan umum dini pada hari Senin setelah hasil yang tidak memuaskan dalam pemilihan regional dan pemilihan lokal pada hari Minggu (28/5).

Berbicara di jaringan televisi nasional, Pedro Sánchez mengatakan dia akan membubarkan parlemen dan Spanyol akan mengadakan pemilihan umum pada 23 Juli.

“Saya telah mengambil keputusan ini mengingat hasil pemilihan yang diadakan kemarin,” kata Sánchez yang berbicara dari istana kepresidenan Moncloa.

“Meskipun pemilihan kemarin memiliki cakupan lokal dan regional, makna dari pemungutan suara melampaui hal itu. Oleh karena itu, sebagai perdana menteri dan sekretaris jenderal PSOE, saya secara pribadi menanggung hasil itu,” kata Sánchez.

Sánchez mengatakan dia telah berbicara dengan Raja Filipe VI tentang keputusan tersebut dan akan mengadakan rapat kabinet darurat Senin malam untuk membubarkan parlemen.

Hasil pemilihan daerah menunjukkan pemilih Spanyol cenderung memberikan suara ke sayap kanan dengan Partai Populer (PP) memenangkan 31,5 persen suara, sementara partai Sosialis pimpinan Sánchez – PSOE (Partai Pekerja Sosialis Spanyol) dan sekutunya Podemos memperoleh 28,2 persen suara.

PP memenangkan tujuh kota dari 12 yang diperebutkan, dan mendominasi di beberapa wilayah yang sebelumnya dimenangkan oleh PSOE, termasuk Valencia, Aragon dan La Rioja.

Namun, masih harus dilihat apakah PP akan membentuk pemerintah daerah sendiri, atau harus berkoalisi dengan partai sayap kanan Vox. (VOA)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel