-->

Stasiun Antariksa Internasional Sambut Dua Astronaut Tamu Asal Arab Saudi




RIYADH, LELEMUKU.COM - Stasiun Antariksa Internasional (ISS) menyambut kedatangan dua tamu asal Arab Saudi hari Senin (22/5), termasuk astronaut perempuan pertama kerajaan itu.

Penerbangan sewaan SpaceX yang ditumpangi kedua astronaut Saudi dan dua astronaut lainnya itu tiba di laboratorium antariksa ISS kurang dari 16 jam setelah meluncur dari Florida. Keempat tamu akan berada di ISS selama seminggu lebih, sebelum kembali ke Bumi.

Kunjungan di ketinggian 430 kilometer itu membuat jumlah total populasi di ISS menjadi 11 orang, yang tidak hanya mewakili Arab Saudi dan AS, tapi juga Uni Emirat Arab dan Rusia.

Pemerintah Arab Saudi menanggung ongkos jutaan dolar untuk menerbangkan astronaut perempuan pertamanya, Rayyanah Barnawi, seorang peneliti sel induk, dan pilot pesawat tempur, Ali al-Qarni.

“Saya di sini tidak hanya mewakili diri saya sendiri, tetapi juga harapan dan impian semua orang di negara saya. Semua orang di kawasan. Kami di sini berkumpul dengan berbagai budaya dan kolaborasi internasional ini. Ini menunjukkan betapa antariksa mempersatukan semua orang,” kata Rayyanah pada acara penyambutan di ISS.

John Shoffner, pengusaha asal Knoxville, Tennessee, yang mendirikan sebuah tim balap mobil, membayar biaya penerbangannya sendiri. Sementara itu, pensiunan astronaut NASA Peggy Whitson menjadi pendamping mereka. Ia kini bekerja di Axiom Space, perusahaan swasta di Houston, Texas, yang mengadakan perjalanan selama 10 hari itu. Ini adalah perjalanan kedua Axiom Space ke ISS. (VOA)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel