-->

UMA NEN Coffee & Craft Sajikan Kekayaan Rasa Kopi Papua Pegunungan

UMA NEN Coffee & Craft Sajikan Kekayaan Rasa Kopi Papua Pegunungan

WAMENA, LELEMUKU.COM – UMA NEN Coffee & Craft yang beralamat di Jalan Yos Sudarso Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan menyuguhkan berbagai cita rasa kopi khas wilayah Pegunungan Papua. 

Kopi Uma Nen berasal dari Distrik Wollo, Distrik Pyramid, Distrik Bpiri, Distrik kurulu, Distrik Walesi, dan Distrik Asotipo di Jayawijaya, Distrik Kurima dan Tangma di Yahukimo, serta Distrik Tiomneri di Lanny Jaya.  

“Semua berasal dari Papua Pegunungan,” ujar Penanggung Jawab UMA NEN Coffee & Craft, Abdi kepada Lelemuku.com di Pameran UMKM Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) ke-31 pada Rabu, 9 Agustus 2023. 

UMA NEN Coffee & Craft Sajikan Kekayaan Rasa Kopi Papua Pegunungan

Selain roasted beans, stand Uma Nen di festival tahunan itu juga menghadirkan berbagai roti-rotian, juice, kopi botol dengan pilihan variant rasa, diantaranya Gula Aren Strong, Gula Aren Weak, caramel, Hazelnut, Pandan, Chocolate, Ehite Chocolate, Almond, Irish Cream, dan Vanilla. Selain itu ada juga House Blend yang diracik dari gabungan kopi dua daerah yang berbeda. 

“House blend itu kita gabungkan kopi dari dua daerah di Papua Pegunungan. Jadi tidak ada dari luar, ini semua asli kopi Papua,” kata dia. 

Terkait dengan antusiasme masyarakat dalam menikmati kopi berkualitas, Abdi mengungkapkan semangat terhadap produk kopi semakin berkembang pesat di Jayawijaya. Dari yang awalnya tidak memiliki minat, akhirnya menjadi tahu dan tertarik. 

UMA NEN Coffee & Craft Sajikan Kekayaan Rasa Kopi Papua Pegunungan

“Mungkin karena informasi mengenai kopi belum sampai dengan jelas kepada mereka. Untuk itu kami mengisi celah ini, menjelaskan bagaimana sebenarnya rasa dan kualitas kopi yang kami miliki,” sebutnya. 

Lanjut Abdi, sebelumnya persepsi terhadap kopi dari Wamena, pegunungan Papua hanya dianggap biasa. Namun, Umanen ingin mengubah pandangan tersebut dengan menyuguhkan cita rasa asli kopi Wamena kepada semua orang dan merasakan sendiri kenikmatannya. 

Ibarat seperti emas yang berharga dan langkah, kopi Wamena sulit ditemukan. Bukan hanya karena lokasinya yang sulit dijangkau, tetapi juga harganya yang lumayan tinggi. Meski begitu, Abdi pun meyakinkan bahwa rasa kopi Wamena tidak kalah dengan kopi-kopi terbaik dari Pulau Jawa.  

“Untuk rasa tidak kalah dengam kopi-kopi jawa,” tuturnya. 

UMA NEN Coffee & Craft Sajikan Kekayaan Rasa Kopi Papua Pegunungan

Tentang UMA NEN

Pernakah kalian mendengar tentang Jayawijaya? Jayawijaya merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Pegunungan. Kekayaan Sumber Daya Amal (SDA) yang melimpah dan pemandangan alam yang indah di Jayawijaya sangat menakjubkan. Bukan hanya itu, kreativitas beberapa kelompok masyarakat dalam mengolah SDA di lembah tersebut juga telah membuka mata Uma Nen, tentang bagaimana seharusnya manusia bekerja untuk memanfaatkan dan mengolah berkat yang diberikan oleh Tuhan. 

Dalam bahasa daerah lembah Baliem ‘Uma Nen’ berarti ‘Dari Rumah’, yang mana semua produk adalah hasil pengolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang masih organic dari Papua Pegunungan dan diproduksi sendiri oleh masyarakat local. 

Uma Nen dalam naungan Perusahan Idaman Papua Grub hadir membantu masyarakat untuk mempertahankan kearifan local dan membangun rasa bangga atas kreasi mereka sendiri. Serta untuk mendorong masyarakat local agar tetap terus berkreasi dan  mengahasilkan sesuatu, sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan perekonomian masyarakat di Papua Pegunungan. (Laura Sobuber) 


Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel