-->

Anthonius Ayorbaba dan Joko Guritno Bahas Keunggulan Beras Merauke Kuasai Pasar Indonesia Timur

Anthonius Ayorbaba dan Joko Guritno Bahas Keunggulan Beras Merauke Kuasai Pasar Indonesia Timur

MERAUKE, LELEMUKU.COM - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si hari ini Rabu 20/3/2024 bertemu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Provinsi Papua Selatan, Joko Guritno. Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Papua bersama Jajaran diantaranya Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Hendrik Pagiling, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Zuliansyah (20/3) bertempat di Ruang Rapat Gedung Negara Provinsi Papua Selatan. Kakanwil, beras Merauke yang didaftarkan hingga mendapatkan Surat Pencatatan Merek oleh karena memiliki peluang besar ke depan entitas beras merauke dapat menguasai pangsa pasar Wilayah Timur Indonesia bahkan Indonesia secara umum. Selain itu juga, Produk terasi dari Udang Merauke juga sangat luar biasa, dan Hasil bumi lainnya, Kakanwil mendorong agar produk asli olahan masyarakat Merauke harus didaftarkan untuk dilindungi pada Kemenkumham RI.

"Tahun 2024 digagas menjadi Tahun Indikasi Geografis di Kemenkumham RI, dan kami siap mendukung tugas-tugas Pj Gubernur Papua Selatan," Ujar Ayorbaba. Selain itu juga Kakanwil mendorong Berkaitan dengan dukungan Pemerintah daerah bagi UMKM di Papua Selatan untuk mendaftar pada Peserseroan Perorangan agar usahanya mendapat perlindungan hukum. Juga Kabupaten sadar Hukum, Kelurahan Sadar hukum, Desa Sadar hukum dan Pelatihan Paralegal bagi Hamba-hamba Tuhan di PPS, ujar Ayorbaba. Sementara dari Divisi Imigrasi, saat ini di Papua Selatan ada PLBN Soeta yang menajdi Batas Negara dengan PNG, dengan Dilantiknya Dirjen Imigrasi yang baru untuk terus mendorong data-data perlintasan agar segera dilaporkan kepada Pj Gubernur Papua Selatan.

"Mengingat Mobilitas WNA PNG prosentasinya mengalami peningkatan dan banyak yang berdampak negativ, dengan pintu perlintasan Kondo yang aksesibilitasnya sulit dan banyak titik baru WNA masuk ke NKRI khsusnya di Merauke, " Ungkap Ayorbaba.(20/3). Jika ada rencana Pj Gubernur ke Boven Digoel bisa kita bersama-sama dengan pembangunan PLBN yang baru PLBN Yeftetun dengan jarak tempuh ke PNG hanya 4 Km sementara di Soeta 14 Km jauhnya. Imigrasi juga memiliki beberapa bentuk layanan di tempat dengan melayani pasport. Hal lain juga yang dibahas Kakanwil mendorong jika Pj Gubernur dapat mendorong Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Selatan. Tinggal dari Pemerintah Daerah jika dapat menyediakan lahan maka dapat diproses untuk Pembangunan Kantor Wilayah. Menurut Kakanwil Provinsi Papua Selatan sudah cukup memenuhi Pembangunan Kanwil karena telah memiliki Lapas, Kantor Imigrasi dan Bapas.


Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel