-->

BPOM Mobile Jadi Alat Baru pedagang Jaga Keamanan Pangan di Jayapura

BBPOM Mobile Jadi Alat Baru Pedangan Jaga Keamanan Pangan di Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Jayapura, Provinsi Papua menggelar penyuluhan bagi 50 pedagang Pasar Koya Timur pada 9 Juli 2024. 

Ketua BBPOM Jayapura, Hermanto Mnegatakan Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan pangan di kalangan pedagang.


“Penyuluhan ini merupakan bagian dari program Pasar Pangan Aman berbasis komunitas,” katanya dalam rilis media.


Hermanto menjelaskan program tersebut dirancang untuk mengedukasi para pedagang mengenai aspek-aspek penting dalam menjaga keamanan pangan, sehingga makanan yang dijual di pasar tetap aman dan sehat untuk dikonsumsi.


Salah satu fokus dari penyuluhan ini adalah pengenalan lima kunci keamanan pangan. Lima kunci ini mencakup langkah-langkah yang harus diambil oleh pedagang untuk memastikan produk mereka bebas dari kontaminasi dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.


Selain itu, pedagang juga diberikan informasi tentang pentingnya melakukan Cek KLIK dan NIE. Cek KLIK adalah prosedur yang mencakup pengecekan kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa produk. NIE (Nomor Izin Edar) merupakan nomor yang diberikan oleh BPOM untuk memastikan bahwa produk tersebut telah melalui uji keamanan.


Untuk mendukung edukasi ini, para pedagang juga diperkenalkan dengan penggunaan Aplikasi BPOM Mobile. Aplikasi ini memudahkan pedagang dalam melakukan pengecekan dan memastikan produk yang mereka jual telah terdaftar dan aman. 


“Dengan adanya penyuluhan ini,  para pedagang Pasar Koya Timur dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan konsumen,” harap dia. (Laura Sobuber)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel