-->

Kemenkumham Papua Pastikan Lapas Abepura Aman dan Kondusif Dengan Penguatan Tusi

Kemenkumham Papua Pastikan Lapas Abepura Aman dan Kondusif Dengan Penguatan Tusi

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M Ayorbaba hari ini, Rabu 3/7/2024 menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Abepura dalam rangka penguatan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi (Tusi) Pemasyarakatan bagi Pegawai & Petugas Lapas Kelas IIA Abepura. Kegiatan Monev Kakanwil Papua terselenggara bertempat di Aula Lantai II Lapas Abepura, Jl. Kesehatan No.11, Awiyo, Kec. Abepura, Kota Jayapura, Papua. Turut Hadir mendampingi Kakanwil, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv) Kemenkumham Papua, Kalapas Kelas IIA Abepura Sulistyo Wibowo selaku Tuan Rumah beserta jajaran. Sebelumnya Kalapas Suistyo mengatań∑an dalam arahan Pembuka, jumlah warga binaan seluruh 830 Orang Napi/Tah, sementara ada warga binaan yang mengikuti bebas bersyarat. Terkait Kamtib di Lapas Abepura, Ia Melaporkan kami selalu bekerja dengan berdasarkan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, dalam upaya kami menjaga Lapas tetap aman dan kondusif.

"Kondisi Lapas kondusif sampai saat ini, walaupun masih banyak dinamika di dalam lapas kami terus berbenah," Ujar Sulistyo Wibowo (3/7). Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M Ayorbaba, dalam arahannya tujuan kehadirannya di Lapas Abepura untuk melakukan penguatan pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan bagi petugas Lapas Kelas IIA Abepura. Ayorbaba mengajak Jajaran Lapas Abepura Bersama-sama membangun Lapas Abepura, dalam upaya tersebut kita harus serius bekerja dalam tatanan yang baik. "Saat-saat ini kita terus mendapatkan sorotan, jadi kerja kita saat ini jangan main-main, kita sudah dihargai oleh negara dengan gaji dan remon yang cukup," Tegas Ayorbaba (3/7). Lebih lanjut dikatakan, Untuk itu bekerja dengan integritas dan dedikasi yang tinggi dan layani WBP dengan iklas.

"Boleh melayani Warga Binaan tapi jangan bermain-main dengan warga binaan," Imbuhnya. Ayorbaba meminta, boleh berkomunikasi dengan warga binaan tapi jangan diatur oleh Warga Binaan, jadilah pembina yang baik," Lanjut Kakanwil. Penegasan Kakanwil kepada Jajaran Petugas, Bagi petugas yang tidak disiplin harus dilakukan panismen agar jerah, karena menurut Pria dua anak tersebut tidak mudah menjadi ASN sekarang ini. "Saya mau lihat kinerja di Lapas Abepura benar-benar berubah. Pemimpin harus menjadi teladan bagi bawahan yang dipimpin, " Tegas Ayorbaba (3/7) lanjutnya, Kita ini adalah Aparat penegak hukum, jadi disiplin itu harga mati. Kepada Jajaran Ia berharap setiap petugas harus memiliki integritas yang tinggi karena ini adalah kunci dalam bekerja. "Tunjukan kedisiplinan, kinerja yang terbaik, bantu organisasi ini berjalan dengan baik," Ujarnya Ayorbaba pun meminta setiap petugas Lapas Abepura mampu Mengidentifikasi setiap masalah dengan baik. "Hal-hal yang bersifat masalah, harus segera dicari solusi, jangan didiamkan akan jadi sumber masalah," tegasnya

Ia pun memerintahkan Kadivpas dalam melakukan program pemeriksaan urine selain untuk warga Binaan juga untuk petugas, agar Petugas jangan coba bermain-main dengan Narkoba. Kakanwil berpesan agar sinergitas dapat tercipta secara baik karena menurutnya Lapas Abepura, Satu-satunya Lapas Kelas IIA di Provinsi Papua, jadi harus menjadi contoh dengan format baru pembinaan pemasyarakatan yang menjadi wajah pemasyarakatan untuk Masyarakat publik. "Ini Lapas Pembina, untuk itu pegawainya harus disiplin," Tutup Ayorbaba. Kegiatan selanjutnya dibuka sesi diskusi. Dalam sesi ini, kadivpas berharap diprogramkan kegiatan HMD bagi petugas pemasyarakatan untuk sebagai bentuk penguatan pelaksanaan Tugas dan Fugsi Pemasyarakatan. Menutup kegiatan tersebut, Kakanwil pertegaskan akan konsisten memantau perkembangan di Lapas Abepura. (Humas Kemenkumham Papua)


Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel