-->

BI Papua Inisiasi Gerakan Sinergi Ekonomi Gerobak Sentani di Jayapura

BI Papua Inisiasi Gerakan Sinergi Ekonomi Gerobak Sentani di Jayapura

SENTANI, LELEMUKU.COM - Sebagai upaya mendukung penguatan ekonomi serta pengendalian inflasi di wilayah Papua khususnya Kabupaten Jayapura, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menginisiasi inovasi sinergi berupa Gerakan pembERdayaan ekOnomi BerAsasKan SinErgi masjid, poNdok pesantren, peTANi dan Instansi (Gerobak Sentani).
 

Gerakan ini bertujuan untuk mengembangkan akses pasar antara pelaku usaha syariah yang memiliki unit usaha pertanian terutama komoditas pangan strategis, masjid, dan kelompok tani dengan berbagai instansi untuk mendukung pengendalian inflasi.

Gerobak Sentani kali ini melibatkan pelaku usaha syariah seperti Pondok Pesantren Latifah Mubarokah dan Kelompok Tani Arpat Jaya yang menjadi produsen bawang merah, cabai merah, dan sayur-sayuran. Selain itu, Masjid Al-Aqhsa Sentani, Kabupaten Jayapura, berperan sebagai penyedia ruang terbuka umum untuk penjualan pasar murah pada Jumat, 2 Agustus 2024. 

Gerobak Sentani juga bekerja sama dengan Bulog dalam penyediaan komoditas pangan strategis dengan harga terjangkau bagi masyarakat seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, dan gula pasir.

Tidak hanya meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan penyediaan komoditas pangan strategis bagi masyarakat, Gerobak Sentani juga menjadi salah satu inovasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua dalam memperluas digitalisasi QRIS. 

Hal ini dilakukan melalui pemberian insentif berupa 1 liter minyak goreng dengan kuota terbatas sekaligus untuk mengedukasi masyarakat bertransaksi dengan QRIS. 
Dengan semangat kolaborasi, inovasi, dan digitalisasi, program Gerobak Sentani diharapkan mampu menjadi percontohan pemberdayaan ekonomi umat dan pengendalian inflasi di wilayah Papua. (BI Papua)

Recent Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel